Belajar Saham Pemula, 9 Hal Dasar Perlu Diketahui

Belajar Saham Pemula, 9 Hal Dasar Perlu Diketahui

Main saham tidak bisa dibilang mudah, apalagi untuk yang belum berpengalaman. Itulah mengapa perlu belajar saham pemula, kalau memang Anda mengincar keuntungan dari aktivitas tersebut.

Namun sebelum masuk ke caranya, Anda harus paham dari dasarnya dahulu. Tepatnya meliputi pengertian dari aktivitas tersebut dan dua jenis keuntungannya. Saham merupakan suatu tanda dari pihak yang memberikan modal pada perusahaan maupun perseroan terbatas.

Sehingga penyerta modal berhak mengklaim pendapatan hingga aset perusahaan. Keuntungannya sendiri ada dua, dividen dan capital gain. Dividen merupakan pembagian keuntungan, sedangkan capital gain adalah selisih dari harga beli dan jualnya.

Belajar Saham Pemula Bawa Untung, Pahami 9 Informasi Dasarnya

Sebenarnya melakukan investasi saham ini dapat berbeda untuk tiap investornya, tergantung untuk subjektifnya. Namun berikut adalah beberapa tips yang patut Anda coba.

  1. Pahami Dahulu Investasi

Pertama pahami dahulu esensi dari investasi sahamnya itu sendiri. Dimana pada dasarnya,Anda harus memiliki pola piker bahwa menjadi pemegang sahamnya berarti menjadi pemilik suatu perusahaan.

Namun posisinya Anda memberi kepercayaan untuk professional dalam mengelolanya. Artinya juga tidak akan panik ketika harganya anjlok, dengan syarat kinerja perusahaan sudah tepat.

  1. Pemula Fokus ke Blue-Chip
Baca juga:   Dalam Analisis Fundamental Saham, Inilah Hal Pokoknya

Blue-chip sendiri merupakan suatu saham terbaik yang bisa ditemukan di bursa. Maka sering juga dianggap paling stabil dan aman, cocok untuk belajar saham pemula.

Misalnya saja Unilever Indonesia (kode UNVR) hingga Bank BRI (kode BBRI). Pilihan blue-chip ini layak Anda pertimbangkan kalau memang masih baru belajar.

  1. Pentingnya Diversifikasi

Dalam mengelola risiko dalam berinvestasi, untuk jangan menempatkan seluruh uang pada saham. Melainkan lakukanlah diversifikasi atau penganekaragaman bidang usaha.

Hal ini dilakukan untuk meminimalisir risiko, khususnya saat ada krisis di pasaran. Intinya Anda tetap mampu bertahan karena ana simpanan pada bidang lebih aman lainnya.

  1. Cerdas Melakukan Trading Online

Trading memang memberi janji seperti cepat untung. Namun kalau ingin melakukannya, Anda perlu menyiapkan waktu dan tenaga untuk mempelajarinya maupun memantaunya setiap hari.

Belum lagi Anda juga harus pandai menentukan sekiranya kapan harga sahamnya termurah dan termahal. Tentunya banyak faktor harus dicermati. Maka belajar saham pemula memang penting.

  1. Bisa Mulai dari Modal Minimal

Hanya punya modal kecil tidak menjadi halangan untuk berinvestasi. Dimana ketentuan beli di bursa minimalnya memang 1 lot atau 100 lembar.

Baca juga:   Kumpulan Aplikasi Trading Terbaik untuk Pemula

Maka misal beli sahamnya BCA yang satuannya seharga Rp30.000,-, maka Anda perlu siapkan Rp3.000.000,- untuk 1 lotnya. Tentunya ada blue-chip lain dengan harga lebih murah.

  1. Ikuti RUPS

Rapat Umum Pemegang Saham atau disingkat RUPS penting diikuti. Sehingga Anda bisa tahu bagaimana kinerja dari manajemen pengelola perusahaan tersebut.

Cara hadirnya sendiri bisa dengan melihat jadwal RUPS dahulu. Kemudian hubungi broker untuk dapatkan pass masuk. Jangan lupa bawa pass dan KTP ketika mengikutinya.

  1. Gunakan Informasi Valid

Informasi merupakan senjata penting saat Anda main saham. Maka carilah informasi yang memang valid, misalnya dari PT Bursa Efek Indonesia.

Melaluinya, Anda tetap bisa mengakses informasi walaupun bukanlah pemegang saham. Tentunya berbagai informasi yang diberikan berasal dari perusahaan, bukan hasil analisis maupun rumor.

  1. Targetkan Jangka Panjang

Seperti yang sudah dijelaskan di awal, lebih baik menganggap bahwa berinvestasi artinya Anda menjadi pemilik usaha juga. Namanya usaha, pastinya perlu waktu untuk perkembangannya.

Maka buat pola pikir bahwa investasi ini untuk keuntungan jangka panjang. Setidaknya lihat dalam rentang waktu 1 tahun bagaimana perkembangan dari bisnis tersebut.

  1. Belajar Lebih, Lupakan Biaya
Baca juga:   Panduan Belajar Investasi Saham Bagi Pemula

Ternyata mempelajari saham lebih detail bisa Anda dapatkan dengan gratis. Misalnya dari PT Bursa Efek Indonesia yang memang menyediakan Sekolah Pasar Modal.

Terkadang situs broker juga memberikan pelajaran secara online juga. Nantinya Anda bisa buka rekening sekaligus mendapatkan modul untuk belajar saham bagi pemula gratis.

Pada dasarnya investasi ini merupakan instrumen untuk berinvestasi. Dengan memainkannya, Anda disarankan punya pola piker sebagai pemilik usaha yang dikelola profesional. Sedangkan untuk memulainya, Anda harus buat rekening efek dahulu pada perusahaan sekuritas.

Barulah setelahnya bisa menyetor dana untuk melakukan pembelian saham. Dengan sembari bermain, tetap lanjutkan belajar saham pemula. Rajinlah cari informasi seperti laporan keuangan, laporan tahunan, corporate action, hingga public expose.