Manfaat Asuransi Kesehatan Syariah yang Belum Diketahui

Manfaat Asuransi Kesehatan Syariah yang Belum Diketahui

Asuransi kesehatan menjadi sebuah prioritas di saat biaya medis terus meningkat dari tahun ke tahun. Menurut laporan Global Medical Trends Survey 2019 dari Willis Towers Watson, inflasi biaya medis di Indonesia tahun 2019 mencapai 10.8% serta menurut laporan Statistik Kesehatan 2019 dari BPS menunjukkan rata-rata biaya untuk pemeliharaan kesehatan jauh lebih besar jika dibandingkan dengan biaya pembelian alat kesehatan dan biaya melakukan tes kesehatan.

Dengan memiliki asuransi kesehatan memungkinkan kita hidup semakin hari semakin baik, dengan ketenangan pikiran tanpa khawatir keuangan terganggu akibat biaya kesehatan yang semakin tinggi.

Asuransi Kesehatan Syariah

Ada banyak sekali orang tidak mengetahui manfaat dari kehadiran asuransi kesehatan Syariah sehingga mereka kurang tertarik. Padahal pada saat ini sudah banyak sekali bermunculan asuransi yang menggunakan sistem Syariah.

Padahal ada banyak sekali manfaat yang dimiliki oleh asuransi yang menggunakan sistem Syariah di mana hal tersebut bisa jadi tidak ditemukan jika pihak perusahaan menggunakan sistem konvensional. Oleh sebab itu wajib untuk mengetahui manfaat penggunaannya.

Dengan cara ini maka mudah bagi Anda untuk memilih apakah menggunakan dan versi Syariah maupun konvensional. Walaupun terlihat sama namun sebenarnya perbedaan antara kedua jenis asuransi ini.

Oleh sebab itu bagi Anda yang tertarik dengan asuransi kesehatan Syariah berikut beberapa manfaat yang harus Anda ketahui. Dengan mengetahui manfaat ini maka bisa membantu Anda untuk mempertimbangkan secara matang.

Apalagi fungsi asuransi ini sangat penting sekali terutama untuk kesehatan Anda. Pengingat pada saat ini biaya pengobatan sangat mahal sekali sehingga dengan adanya kehadiran asuransi bisa membantu untuk meringankan.

Semua orang ingin mendapatkan pengobatan secara maksimal namun walaupun biaya mahal tidak memberatkan diri sendiri. Oleh sebab itu solusi atas permasalahan tersebut adalah menggunakan asuransi kesehatan.

Asuransi Kesehatan Syariah Menggunakan Prinsip Tolong-Menolong

Manfaat pertama yang bisa Anda rasakan ketika menggunakan asuransi dengan sistem syariah adalah secara tidak langsung menolong orang lain. Hal inilah yang membedakan antara asuransi yang menggunakan sistem konvensional dan Syariah.

Sebab jika asuransi konvensional maka pemegang polis akan membayarkan premi kepada pihak perusahaan. Intinya pihak perusahaan akan memberikan ganti rugi maupun pertanggungjawaban apabila pemegang polis melakukan klaim.

Selain itu pada asuransi dengan sistem konvensional maka risiko dan keuntungan akan dibebankan oleh perusahaan asuransi. Nantinya akan terjadi pemindahan risiko dari peserta kepada pihak perusahaan.

Namun hal ini tidak akan Anda temukan jika menggunakan asuransi kesehatan Syariah. Sebab jika menggunakan asuransi ini maka premi yang telah dibayar oleh pemegang polis akan masuk dalam rekening bersama di mana biasanya disebut sebagai tabaru.

Nantinya para pemegang polis akan berbagi risiko sehingga ketika adanya klaim maka akan memotong dari dana tersebut. Jadi dapat disimpulkan hubungan dalam asuransi syariah ini maka saling menanggung risiko dengan pihak perusahaan.

Jadi apabila salah satu peserta mendapatkan musibah maka peserta lain akan membantu dalam mengurangi beban sehingga dapat dikatakan bahwa asuransi syariah ini bukanlah bisnis yang menggunakan prinsip mencari keuntungan.

Tidak Adanya Sistem dan Hangus

Hal menarik lainnya yang bisa Anda temukan dalam asuransi kesehatan Syariah tidak menggunakan skema dan hangus. Dan hangus sendiri masih digunakan dalam asuransi konvensional.

Dana hangus sendiri merupakan salah satu kondisi dimana tidak adanya proses ke lain pada masa pertanggungan Namun hal ini tidak akan Anda temukan pada asuransi dengan sistem Syariah.

Sebab mereka menggunakan konsep wadiah yaitu titipan. Jadi dana tersebut nantinya akan dikembalikan ke rekening peserta. Sebab pada asuransi ini mereka akan jauh lebih menguntungkan pada pihak nasabah.

Jadi nantinya setelah beberapa tahun melakukan pembayaran premi maka peserta bisa mendapatkan kembali dana nya secara utuh Namun masih banyak yang bertanya bagaimana perusahaan asuransi mendapatkan dana dalam kegiatan operasional mereka.

Solusinya adalah akan ada tagihan yang dibebankan oleh para peserta dimana hal tersebut dimanfaatkan untuk biaya operasional perusahaan. Tagihan tersebut juga tidak membebankan peserta sebanyak 30% dari premi.

Namun hal ini tidak akan bisa Anda rasakan jika menggunakan asuransi dengan sistem konvensional di mana mereka membebankan seluruh biaya operasional kepada peserta.

Tidak Adanya Riba Dalam Sistem Mereka

Tentunya salah satu keuntungan jika menggunakan jasa asuransi syariah maka tidak akan menemukan tiba di mana mereka akan menjalankan kegiatan bisnis tanpa melanggar ketentuan syariat.

Apalagi riba merupakan salah satu hal yang sangat dilarang dalam agama Islam. Selain hal tersebut juga sistem asuransi syariah menghindari gharar, maysir, risywah maupun tadlis. Sudah pasti nantinya dana Anda akan dikelola secara Syariah sehingga lebih berkah.

Tentunya pihak perusahaan juga menggunakan akad yang jelas sehingga para peserta bebas memilih akad mana yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Apalagi terdapat dua jenis akad yang biasanya digunakan oleh pihak perusahaan.

Yang pertama adalah akad tabaru di mana pemberian dana dari 1 peserta akan dikumpulkan menjadi dana tabaru sehingga bisa menolong peserta lain sehingga tidak ada sistem pengambilan keuntungan di dalam hal tersebut.

Kemudian ada akad tijarah di mana nasabah akan memberikan kuasa kepada pihak perusahaan sehingga mereka bisa menjadi wakil peserta dalam mengelola dana. Intinya pihak perusahaan akan mendapatkan fee.

Oleh sebab itu inilah beberapa manfaat yang bisa Anda rasakan ketika menggunakan jasa asuransi kesehatan Syariah. Dengan mengetahui hal ini maka diharapkan Anda bisa memberikan pertimbangan yang matang sehingga tidak salah langkah.

Asuransi Kesehatan Terbaik

Ciri Asuransi Kesehatan Terbaik Yang Layak Dipilih

Pada saat ini mencari asuransi kesehatan terbaik bukanlah perkara yang sulit sebab sudah banyak tersedia. Namun tidak jarang ada perusahaan yang mengaku bahwa mereka menawarkan produk asuransi berkualitas padahal tidak.

Oleh sebab itu jangan sampai Anda terjebak dalam perusahaan seperti ini mengingat fungsi dari asuransi tersebut sangat penting sekali. Jadi terdapat beberapa ciri-ciri yang harus Anda ketahui sehingga bisa menemukan produk yang tepat.

Namun sangat disayangkan bahwa sampai saat ini masih banyak orang yang tidak mengetahui mana asuransi yang terbaik dan tidak. Tidak heran jika sampai saat ini masih banyak orang terjebak dengan asuransi yang salah.

Oleh sebab itu berikut beberapa ciri-ciri yang ada pada asuransi kesehatan terbaik. Jadi dengan berpegang pada ciri-ciri ini Anda bisa mendapatkan asuransi yang sesuai dengan kebutuhan sehingga bisa memanfaatkannya secara maksimal.

Apalagi asuransi kesehatan ini sangat diperlukan sekali untuk Anda yang sering mengalami permasalahan pada kesehatan. Apalagi penurunan kesehatan tidak bisa diprediksi sehingga bisa terjadi secara tiba-tiba.

Namun dengan adanya asuransi kesehatan ini maka proses pengobatan bisa menjadi lebih ringan sebab tidak mengeluarkan biaya yang besar walaupun membutuhkan banyak biaya dalam proses penyembuhan tersebut.

Asuransi Kesehatan Terbaik Menggunakan Sistem Cashless

Salah satu ciri bahwa asuransi kesehatan tidak hanya terbaik namun berkualitas maka jangan lupa memperhatikan sistem yang mereka gunakan. Apabila perusahaan asuransi tersebut memang berkualitas maka biasanya mereka menggunakan sistem cashless.

Dengan adanya sistem ini maka bisa membantu Anda ketika berada di kondisi darurat sebab tidak perlu mempersiapkan dana. Jadi dengan melakukan klaim secara cashless ini maka dengan bermodalkan kartu polis asuransi saja maka pihak rumah sakit mau bekerja sama.

Jadi nantinya Anda tidak akan kerepotan lagi. Namun selain menggunakan sistem cashless maka sampai sekarang masih ada perusahaan yang menggunakan pembayaran dengan sistem reimbursement.

Apabila Anda menemukan asuransi kesehatan terbaik menggunakan sistem ini maka bukan berarti mereka penipu atau mengecewakan. Namun sistem cashless ini jauh lebih praktis sehingga tidak akan merepotkan.

Tetapi jika menggunakan asuransi yang sistemnya cashless maka Anda harus membayar premi lebih mahal dibandingkan dengan sistem yang satunya lagi. Namun hal tersebut tidaklah masalah sebab ketika diperlukan secara tiba-tiba maka tidak akan merepotkan.

Oleh sebab itu sebelum memilih asuransi maka jangan lupa untuk memperhatikan sistem yang mereka gunakan. Sebab hal ini bisa memberikan pengaruh terhadap kenyamanan Anda ketika memanfaatkan produk yang mereka tawarkan.

Memiliki Kerjasama dengan Banyak Rumah Sakit

Sudah pasti jika sebuah asuransi kesehatan terbaik maka mereka memiliki jaringan yang luas dengan berbagai macam rumah sakit. Jadi pastikan bahwa asuransi pilihan Anda bekerjasama secara merata dengan setiap rumah sakit yang ada di indonesia.

Dengan menggunakan produk asuransi yang memiliki fasilitas seperti ini maka sama dengan mempermudah Anda ketika ingin melakukan klaim. Kondisi ini bisa membuat proses pengobatan menjadi lebih cepat dan lancar.

Jadi apabila Anda berada di kondisi kritis dan mendapatkan penanganan dengan tepat maka bisa menyelamatkan nyawa diri sendiri. Namun apabila Anda datang ke rumah sakit yang tidak bekerjasama dengan asuransi Anda maka prosesnya menjadi tidak maksimal.

Oleh sebab itu pastikan ketika menggunakan sebuah produk maka harus mengetahui rumah sakit mana yang bekerjasama dengan mereka. Semakin luas layanan kerjasama mereka maka semakin mudah juga Anda mendapatkan pelayanan kesehatan dimana saja.

Namun sampai sekarang masih ada asuransi yang hanya bekerja sama pada beberapa rumah sakit saja. Hal ini wajib Anda ketahui sehingga bisa mempermudah proses klaim, apalagi jika Anda ingin segera mendapatkan penanganan.

Lebih Mengutamakan terhadap Rawat Inap

Tentunya ketika Anda sedang dirawat maka biaya yang paling mahal dan sangat memberatkan adalah biaya rawat inap. Jadi pastikan bahwa Anda memilih asuransi yang memberikan prioritas terhadap bagian rawat inap.

Sebab pada saat ini ada juga asuransi kesehatan yang hanya menanggung biaya rawat inap tanpa biaya rawat jalan. Hal ini bertujuan agar premi yang harus dibayarkan oleh nasabah lebih terjangkau.

Oleh sebab itu pastikan bahwa asuransi yang Anda gunakan mereka mengcover juga bagian biaya rawat inap sehingga ketika Anda sakit dan terpaksa untuk melakukan perawatan dalam waktu lama maka tidak akan memberatkan diri sendiri.

Walaupun setiap bulannya Anda harus membayar premi dalam jumlah besar namun ketika dibutuhkan bisa menjadi lebih maksimal. Oleh sebab itu ada baiknya sebelum bergabung pada sebuah produk asuransi maka pelajarilah terlebih dahulu.

Hal ini bertujuan agar Anda bisa mendapatkan produk asuransi yang tepat. Apalagi pada saat ini sudah banyak sekali orang yang mulai melirik kehadiran asuransi kesehatan terbaik. Hal ini dikarenakan mereka sadar seberapa pentingnya kehadiran asuransi.