Cara Investasi Emas untuk Pemula, Ini Tips Suksesnya

Cara Investasi Emas untuk Pemula, Ini Tips Suksesnya

Cara investasi emas popularitasnya kian meninggi, banyak orang yang mulai belajar berinvestasi emas. Tak perlu khawatir apabila ingin berinvestasi di logam mulia ini namun tidak mengetahui cara investasi emas yang aman.

Cara Investasi Emas untuk Pemula

Cara investasi emas untuk pemula memang paling cocok bagi pribadi yang baru belajar berinvestasi. Mengingat ada beberapa kelebihan memilih investasi ke logam ini.

Pertama adalah harganya yang bisa dibilang lebih terjangkau, meskipun memang keuntungannya tidak sebesar investasi lain. Selain itu emas ini juga kebal dari inflasi.

Belum lagi pertimbangan bahwa logam ini tidak mudah rusak dan bisa memulai dengan modal minimal. Selain itu jenisnya juga beragam, misal perhiasan hingga batangan.

Bahkan ada juga dugaan harganya yang selalu naik tiap tahunnya karena terbatas sumber daya. Bisa diartikan berinvestasi ke logam ini bagus untuk prospek jangka panjang.

8 Tips Cara Investasi Emas untuk Pemula yang Bisa Menguntungkan

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan dalam berinvestasi emas bagi pemula yang dapat memberikan keuntungan besar. Berikut cara yang dapat diterapkan:

  1. Pasang Tujuan Anda Berinvestasi

Setiap pribadi umumnya memiliki tujuan ketika memutuskan berinvestasi. Maka kalau memang ingin berhasil, Anda juga harus buat tujuannya dahulu dengan rinci.

Misal ingin kedepannya punya tabungan, beli rumah, dan sebagainya. Sehingga bisa memotivasi untuk menyisakan penghasilan untuk membeli emas dengan konsisten.

  1. Lakukan Pengecekan Harga

Merupakan pengetahuan umum kalau harga logam mulia ini fluktuatif atau naik turun. Contoh penyebabnya misal karena hari raya yang terkadang menjadikan harganya naik.

Cara investasi emas untuk pemula berikutnya adalah rajin cek harganya. Sehingga bisa tahu waktu tepat yang tepat untuk membelinya. Khususnya ketika harga tengah turun.

  1. Pilih Tempat Pembeliannya

Penting untuk memastikan bahwa lokasi beli logam mulia tersebut terjamin keamanan dan kualitasnya. Lebih baik kalau emas yang dibeli memiliki sertifikat.

Baca juga:   Menabung Emas di Pegadaian, Ini Keuntungannya!

Misalnya bisa membeli di ANTAM, PT. Pegadaian, Bank Syariah, hingga PT. Pos Indonesia. Sedangkan kalau bentuknya perhiasan, pastikan toko tempat membeli juga terpercaya.

Jangan sampai hanya tergiur harga murah. Karena bisa jadi kadar maupun beratnya lebih rendah dan tidak sesuai dengan yang dijanjikan.

  1. Pilih Besar Kadar dan Gramnya

Saat proses membeli emas, Anda mungkin akan diberi pilihan kadar dan beratnya. Khususnya ketika beli yang bentuk perhiasan, karena ada beberapa pilihan kadar.

Maka dalam memilih Anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan finansial. Tentunya kadar dan berat lebih rendah, akan berharga lebih murah dibandingkan yang lebih tinggi.

  1. Tentukan Lokasi Penyimpanan Paling Aman

Banyak masyarakat khawatir ketika melakukan penyimpanan emas di rumah, khususnya yang bentuk batangan. Mengingat harganya yang tergolong tinggi, pastinya perlu sistem keamanan kuat dalam menyimpannya.

Namun tidak perlu khawatir, karena ada beberapa opsi melakukan penyimpanan ini. Misal menyimpannya dengan fasilitas Safe Deposit Box dari beberapa bank besar.

Anda juga bisa melakukan penyimpanan di Lembaga Pegadaian. Pilihan bank atau Pegadaian, tentu ada biaya jasa yang harus dipertimbangkan juga.

  1. Rajin Menabung untuk Menambah Simpanan Emas

Tips cara investasi emas untuk pemula berikut ini sudah Kami sebutkan beberapa kali sebelumnya. Tepatnya adalah rajinlah menabung atau sisakan penghasilan untuk menambah simpanan emasnya.

Selain menabung sendiri, Anda juga bisa mengikuti beberapa program tabungan yang diadakan bank atau lembaga tertentu. Melaluinya, nasabah bahkan bisa berinvestasi mulai dari 0,0001 gram.

  1. Pilih Cara Berinvestasi

Melakukan investasi emas juga ada beberapa jenis atau caranya. Misalnya saja kalau memilih berinvestasi di Pegadaian, maka bisa melakukan cara cicilan, beli tunai, hingga arisan.

Nantinya tinggal pertimbangkan sekiranya mana yang paling menguntungkan. Kalau masih ragu, bisa juga memulainya dari cara beli perhiasan yang dilakukan secara rutin.

  1. Rajin Periksa Kondisinya

Kalau memang memutuskan untuk membeli dan menyimpan logam mulia ini sendiri, pastikan selalu cek kondisinya. Misal dari beli perhiasan, maka selalu pastikan kondisinya terlebih dahulu.

Pastikan juga Anda membelinya di toko dengan reputasi baik. Kami sarankan juga jangan berinvestasi di perhiasan yang berlapis emas, karena kadarnya terlalu rendah.

Begitu juga saat menyimpannya, pastikan bahwa tidak ada cacat karena pemakaian. Lihat juga apakah ada perubahan bentuk atau warna, karena dikhawatirkan bisa menurunkan harga jualnya.

Baca juga:   Inilah Manfaat Investasi Emas yang Harus Anda Pahami!

Kalau sudah paham tipsnya, Anda harus pertimbangkan kekurangan berinvestasi ke logam ini juga. Dimana jenis investasi ini paling cocok untuk Anda yang tujuannya jangka panjang.

Hal tersebut karena fluktuasi harganya belum menjamin cepatnya keuntungan diterima. Itulah hal lain harus Anda pahami ketika memutuskan belajar cara investasi emas untuk pemula.

Cara Investasi Emas Batangan di Pegadaian

Cara Investasi Emas Batangan di Pegadaian, Pahami Ketentuannya

Cara investasi emas batangan di Pegadaian bisa dibilang mudah dan pastinya aman. Sebelum bahas caranya, Anda harus tahu bahwa selain saham, investasi ini juga menguntungkan.

Nantinya ada beberapa cara berinvestasi emas di Pegadaian ini. Anda dapat menyesuaikannya dengan kebutuhan. Bahkan ada juga cara yang bisa dilakukan lewat online.

Supaya lebih paham, berikut adalah beberapa opsi caranya. Kami juga akan jelaskan beberapa syarat yang diajukan, kalau ingin berinvestasi pada salah satu atau lebih cara.

8 Cara Investasi Emas Batangan di Pegadaian, Pilihlah Sesuai Kebutuhan

Sebenarnya berinvestasi di pegadaian ini tidak hanya dalam bentuk emas batangan. Anda juga bisa melakukannya misal yang berbentuk perhiasan. Nantinya memang harus disesuaikan dengan kebutuhan.

  1. Tabungan

Pertama ada jenis tabungan yang ketentuannya mudah. Dimana pada dasarnya sama seperti menabung pada bank. Namun disini tabungan akan dimasukkan ke investasi logam tersebut.

Syarat pembukaannya adalah dengan menyerahkan kartu identitas, isi formulir, serta bayar transaksi. Nantinya Anda bisa membayar lewat online saja, tepatnya lewat aplikasi disediakan.

  1. Konsinyasi

Sistem konsinyasi ini adalah Anda dapat menitipkan emas ke Pegadaian. Nantinya akan dijual oleh pihak Pegadaiannya. Tentu keuntungan penjualan akan diberikan pada nasabah.

Misalnya Anda menitipkan emas, kemudian oleh Pegadaian akan dijual untuk pemenuhan nasabah lain. Nantinya logam yang dititipkan akan diganti tentunya dengan berat dan kadar sama.

  1. Emasku

Cara investasi emas batangan di Pegadaian lainnya adalah dengan Layanan Emasku. Nantinya menggunakan sistem angsuran untuk berinvestasi. Selain itu bisa juga mendapat asuransi jiwa.

Nantinya dapat mengikuti Emasku ini dengan minimal nominal Rp150.000,-. Setelah mengangsur, Anda dapat memperoleh emas murni beratnya 1 hingga 25 gram, tentunya memiliki sertifikat.

Selain itu bisa mendapat perlindungan asuransi sampai Rp30.000.000,-. Syarat mengajukannya sendiri adalah menyertakan identitas diri yang berlaku, misalnya fotokopi KTP atau SIM.

  1. Cicilan

Anda juga punya opsi untuk cicilan investasi emas. Jangka waktu mengangsurnya sendiri ada dari 3 bulan hingga 36 bulan, setelah terlebih dahulu bayar uang muka.

Baca juga:   Grafik Harga Emas Antam Naik Turun? Ini Sebab dan Tips Mengatasinya

Nantinya logam mulia tersebut akan diterima dalam waktu 1 hingga 2 minggu setelah melunasinya. Bisa juga dapat diskon margin kalau mempercepat waktu pelunasan.

  1. Beli Tunai

Selain cicilan, tentunya nasabah juga bisa beli tunai emasnya. Nama programnya sendiri adalah Mulia Emas. Merupakan cara investasi emas batangan di Pegadaian yang mudah.

Melaluinya, nasabah dapat mendapatkan logam mulia yang sudah terjamin kualitasnya. Jenisnya sendiri beragam, diantaranya penawaran berat mulai 5 gram sampai 1 kilogram.

  1. Menitipkan

Apabila ingin emas milik Anda lebih aman, cobalah untuk menitipkannya di Pegadaian. Nantinya logam tersebut akan diasurasikan, sehingga tidak khawatir akan mengalami kehilangan.

Namun tentunya ada biaya untuk jasa penitipan ini. Besarnya adalah Rp20.000,- untuk setiap gram per bulan. Caranya menitipkannya bisa dengan datang ke outlet langsung.

  1. Arisan

Anda juga bisa ikut salah satu cara investasi emas batangan di Pegadaian yang sistemnya seperti arisan. Karena setiap bulannya akan diundi satu keping emas.

Pemesannya sendiri setiap bulan adalah minimal dan maksimalnya tidak ada batas. Nasabah tidak perlu khawatir mengenai harga fluktuatif, karena menggunakan sistem harga flat.

Syarat mengajukannya adalah menyiapkan kartu identitas berlaku untuk setiap anggota arisan. Kemudian pembayaran akan dilakukan di awal dengan minimal 10% nominal arisannya.

  1. Gadai

Karena satu-satunya lembaga gadai di Indonesia, maka jasa gadai juga disediakan. Salah satu yang boleh digadaikan masyarakat adalah logam mulia emas ini.

Nantinya Anda bisa mendapatkan pinjaman sebesar 85% dari total harga logamnya. Waktu penitipannya sendiri berlaku empat bulan. Namun ada juga perpanjangan dengan syarat tertentu.

Tepatnya ada tambahan biaya sewa untuk perpanjangan. Biaya untuk gadainya akan dihitung setiap 10 hari masa peminjaman. Sedangkan Pegadaian konvensional akan dihitung setiap 15 hari.

Tentunya ada juga kekurangan dari investasi ini. Misalnya pada cara tabungan, maka akan ada biaya administrasi harus dibayarkan oleh nasabah.

Anda juga harus menunggu ketika menkonversikan saldo menjadi emas batangan. Ada juga pertimbangan bahwa harga pembelian kembali lebih rendah dari harga beli pada lembaga tersebut.

Bisa dibilang cara investasi emas batangan di Pegadaian ini akan menguntungkan kalau jangka panjang. Khususnya ketika Anda memilih berinvestasi cara tabungan.

Pencarian kata kunci:
Belajar Investasi Emas Bagi Pemula , Bisnis Emas Pemula , Cara Berbisnis Emas Bagi Pemula , Cara Berdagang Emas Bagi Pemula , Cara Berinvestasi Emas Bagi Pemula , Cara Berkebun Emas Bagi Pemula , Cara Bisnis Emas Untuk Pemula , Cara Investasi Emas Antam Bagi Pemula , Cara Investasi Emas Bagi Pemula , Cara Investasi Emas Pemula ,