28 November 2021 11:53 AM
Kelebihan Investasi Dinar dan Tips Menjalankannya

Investasi Dinar Keuntungan dan Tips Menjalankannya

Investasi dinar dapat dijadikan sebagai sebuah pilihan investasi yang aman serta diminati dalam kurun waktu beberapa tahun ini. selain emas perhiasan serta barangan, dinar semakin lama juga semakin dilirik.

Dinar merupakan koin keping emas yang digunakan di zaman dahulu dan sering digunakan untuk kebutuhan transaksi. Sekarang, dinar sering digunakan untuk sarana investasi dibandingkan dengan menggunakannya sebagai alat tukar.

Sekarang, ini dinar semakin dilarik sebagai alternatif investasi, bahkan banyak kalangan yang menggunakan logam mulia ini untuk mahar pernikahan, pembayaran zakat hingga hadiah.

Ketika melihat harganya yang terlihat sangat menggiurkan, siapa saja pasti akan tertarik. Berikut merupakan keuntungan yang dimiliki dari investasi jenis ini dan tips untuk menjalankannya.

Keuntungan Investasi Dinar Emas Saat ini

Layaknya jenis investasi emas batangan, nilai emas yang dimiliki dinar setiap tahun juga cenderung naik sehingga menyimpannya hampir tidak mempunyai risiko tergerus oleh inflasi.

TRENDING:  Cara Investasi Emas untuk Pemula, Ini Tips Suksesnya

[box type=”info” align=”alignleft” class=”” width=”100%”]

BACA JUGA

[/box]

Ketika ekonomi Indonesia serta global diliputi ketidakpastian, hal ini akan memicu kenaikan harga emas. Selain itu dinar juga menjadi alat tukar yang sudah diakui secara global, meskipun penggunaannya di Indonesia tidak lazim dilakukan.

Namun sejumlah negara khusus seperti Timur Tengah, menjadikan dinar sangat populer digunakan untuk alat transaksi. Dinar mbahkan juga bisa dicairkan dengan bentuk uang tunai sesuai harga emas yang sekarang ini sedang berlaku.

Dinar seperti logam mulia lain yang dapat Anda jual di toko emas. Nilai jual dari dinar bahkan cukup tinggi bila Anda menjualnya di kalangan tertentu seperti pelaku investasi dinar.

Jika dilihat dari hukum syariah Islam, dinar merupakan uang emas murni dengan berat 1 mitsqal setara 1/7 troy yang menggunakan pedoman OMS. OMS merupakan standar menentukan berat serta ukuran dinar serta dirham modern.

Standar ukuran tersebut juga terkenal sebagai standar Nabawi karena dilakukan untuk menduplikasi dinar serta dirham yang dipergunakan di zaman awal perkembangan Islam. Meskipun terlihat menguntungkan namun ketika ingin melakukan investasi ini, ada hal yang harus dijadikan sebagai catatan.

TRENDING:  Menabung Emas di Pegadaian, Ini Keuntungannya!

Ketika ingin melakukan investasi bentuk dinar, Anda harus memperhatikan masalah pajak. Investasi ini dianggap sebagai perhiasan sehingga pajak yang berlaku sebesar 10%. Dinar akan memiliki harga tinggi bila dijual di komunitas dirham dan dinar.

Tetapi, bila Anda melakukan penjualan di toko emas, biasanya harga yang berlaku adalah harga sesuai kadar emasnya. Sehingga meskipun menguntungkan, Anda harus tetap berhati-hati.

Tips Investasi Dinar Agar Lebih Menguntungkan

Agar melakukan investasi ini lebih menguntungkan. Berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan ketika berinvestasi dalam bentuk dinar:

  1. Tentukan apa yang menjadi tujuan investasi Anda

Sebelum melakukan investasi, akan lebih baik Anda menentukan tujuan investasi terlebih dulu. Tujuan ini yang nantinya menjadi impian serta motivasi untuk melakukan investasi. Anda dapat menentukan tujuan seperti ingin menikah atau untuk biaya pendidikan anak.

  1. Tidak perlu cemas dengan naik turunnya harga dinar

Dinar seperti emas batangan sehingga dapat memiliki nilai rendah. namun Anda tidak perlu cemas melihat penurunan harga dinar. Hal tersebut disebabkan karena dinar merupakan jenis investasi jangka panjang.

TRENDING:  Grafik Harga Emas Antam Naik Turun? Ini Sebab dan Tips Mengatasinya

Sehingga, ketika Anda baru melakukan investasi selama beberapa bulan dan melihat harga dinar mengalami penurunan, Anda tidak perlu cemas.

  1. Dinar bukan merupakan investasi jangka pendek

Dinar bukan menjadi jenis investasi jangka pendek, sehingga tepis harapan Anda jika ingin memperoleh keuntungan dengan tempo yang cepat. Waktu yang dibutuhkan untuk melihat keuntungan dari investasi ini minimal selama 1 atau 2 tahun.

  1. Gunakan uang yang tidak digunakan

Dinar merupakan sebuah instrumen investasi jangka panjang. Sehingga, lebih baik Anda menggunakan uang yang tidak digunakan.

Bila Anda terlalu bersemangat bahkan sampai mengajukan pinjaman hanya untuk melakukan investasi ini, tentu akan menimbulkan kerugian.

  1. Mengikuti komunitas investor dinar

Seperti jenis investasi lain, investasi ini juga memiliki komunitas investor. Di sana, Anda bisa memperoleh pengetahuan, wawasan hingga ilmu. Anda juga dapat memperoleh tips bermanfaat agar hasil investasi semakin maksimal.

Melakukan investasi jenis ini memang sangat menguntungkan. Apalagi Anda tidak perlu melakukan hal apapun serta hanya menunggu hingga harganya mengalami kenaikan. Tetap saja Anda harus memperhatikan kekurangan ketika ingin melakukan investasi jenis ini.