Cara Menonaktifkan Kartu Kredit BCA

Cara Menonaktifkan Kartu Kredit BCA

Ketika sudah merasa tidak dibutuhkan lagi, cari tahu bagaimana cara menonaktifkan kartu kredit BCA. Karena bila dibiarkan saja, limit akan terus masuk dan Anda wajib melakukan cicilan. Untuk menutupnya, harus memenuhi prosedur yang ada pada bank.

Kartu kredit memang menjadi benda yang sangat dibutuhkan oleh sebagian besar masyarakat modern saat ini. kemudian, mereka akan membayarnya dengan melakukan cicilan. Bahkan kebanyakan e-commerce juga menerima pembayaran dari kartu kredit.

Apabila Anda merasa boros hanya karena menggunakan alat pembayaran tersebut, kami akan memberitahu bagaimana cara menonaktifkan kartu kredit BCA dengan tahapan yang mudah dimengerti para nasabah bank BCA. Berikut penjelasan lebih lanjut.

5 Langkah Menonaktifkan Kartu Kredit BCA

Apakah kartu kredit hanya digunakan untuk belanja saja? Tentu saja tidak, karena dengan transaksi melalui media tersebut, dapat dimanfaatkan membayar tagihan listrik, PDAM, internet dan lain sebagainya.

Meski sebagian besar mengatakan, menggunakan kartu kredit BCA mudah dan kadang mendapat potongan dari pembayaran tagihan, sebenarnya bisa dikatakan cukup boros. Hal tersebut karena dalam membayar cicilan, bunganya cukup besar.

Baca juga:   Cara Aktivasi Kartu Debit BCA untuk Transaksi Online

Untuk itu, bila merasa penggunaan kartu kredit membuat Anda boros, langsung saja mempelajari cara menonaktifkan kartu kredit BCA. Cukup mudah melakukannya, karena pelayanan di bank bagi para nasabah juga bagus.

Dari berbagai macam prosedur, hal pertama yang harus dilakukan bila ingin menonaktifkannya adalah dengan membayar tagihan terlebih dulu. Untuk cara berikutnya, perhatikan langkah-langkah berikut :

1. Datangi Bank BCA Terdekat

Tentu saja langkah pertama adalah dengan mendatangi bank BCA terdekat. Masuk saja dan tanyakan ke petugas bank, tentang cara menonaktifkan kartu kredit BCA. Nantinya, akan dimintai beberapa syarat.

Pihak bank akan memeriksa data Anda terlebih dahulu. Apabila masih ada tunggakan angsuran, maka tidak dapat diproses lebih lanjut. Bank yang didatangi harus dari cabang penerbit kartu kredit Anda.

2. Batalkan Pembayaran Secara Otomatis

Apabila selama menggunakan kartu kredit Anda mengaktifkan pembayaran otomatis pada beberapa tagihan, menggunakan kartu kredit, maka nonaktifkan terlebih dulu agar tagihan tersebut tidak tercover.

Biasanya nasabah akan mengaktifkan pembayaran otomatis pada tagihan air, PLN, internet, telepon dan lainnya.

Baca juga:   Cara Mengatasi Lupa PIN Kartu Kredit BNI

3. Lunasi Tagihan Beserta Denda

Jika ke bank BCA, memang data akan dicek oleh petugas. Tapi bila tagihan dan denda belum dibayar, tidak akan diproses. Sekalian saja di bank itu, Anda melunasi tagihan belum terbayar beserta annual fee dan juga bunga yang dibebankan.

Syarat ini wajib dalam proses dan cara menonaktifkan kartu kredit BCA bagi para nasabahnya.

4. Habiskan Bonus Sebelum Menonaktifkannya

Selama menggunakan kartu kredit, beragam bonus atau reward pasti didapat oleh penggunanya. Jadi, habiskan dan manfaatkan juga sebelum menonaktifkannya. Akan tetapi, Anda juga harus jeli dalam memakai bonus tersebut.

Bila Anda salah memilih reward, bukannya untung, malah akan membayar sebagian. Jadi, harus lihat dulu syarat dan ketentuan berlaku.

5. Amankan Bukti Tertulisnya

Apabila semua syarat dan ketentuan dari cara menonaktifkan kartu kredit BCA, mintalah surat bukti menonaktifkan kartu kredit kepada pihak bank BCA. Setelah dapat, amankan dan simpan dengan baik.

Bukti ini nantinya akan sangat berguna bila pihak bank mengatakan masih ada aktivitas transaksi dari kartu kredit Anda, sudah ada bukti asli dari surat tersebut, bahwa Anda telah menonaktifkannya.

Baca juga:   Cara Kirim Uang Lewat Alfamart

Apabila ingin mendapatkan surat tersebut, langsung datang saja ke bank yang menerbitkan menerbitkannya, kemudian lakukan beberapa langkah berikut :

  1. Datanglah ke bank penerbit kredit card dengan membawa identitas diri (KTP/passport/SIM) serta kartu kreditnya.
  2. Ambil nomor antrean dan tunggu hingga terpanggil, dan langsung ke meja customer service.
  3. Katakan bahwa Anda akan menonaktifkan kartu kredit, dengan beberapa alasan. Serahkan persyaratannya agar customer memprosesnya.
  4. Dalam proses penonaktifan, akan menunggu beberapa saat, ikuti semua arahan customer untuk mempercepat proses tersebut.
  5. Barulah ketika sudah berhasil dinonaktifkan, minta surat bukti nonaktifkan kartu kredit. Disimpan baik-baik, karena sewaktu-waktu bisa diperlukan.

Tidak begitu sulit melakukannya, bukan? Apabila Anda tidak ingin bolak-balik karena syarat dan ketentuan belum terpenuhi, sebelum datang ke bank, telepon call center bank BCA dulu. Lalu, tanyakan bagaimana cara menonaktifkan kartu kredit BCA.