Cara Pembayaran BPJS Lewat ATM BCA

Cara Pembayaran BPJS Lewat ATM BCA dan Biaya Admin

Anda sering terlambat membayar tagihan BPJS karena kesibukan kerja atau lupa, maka gunakan cara pembayaran BPJS lewat ATM BCA yang mudah dan cepat. Saat ini, Anjungan Tunai Mandiri (ATM) sudah dapat dijadikan loket membayar iuran BPJS.

Bukan hanya bayar listrik, internet, air, dan mengisi token saja, Anda juga bisa menggunakan layanan ATM untuk melakukan bayar BPJS. Jadi, tidak perlu repot untuk pergi ke loket pembayaran resmi dan mengantre. Anda cukup datang ke ATM BCA saja.

Iuaran BPJS merupakan hal yang wajib dibayarkan oleh warga negara Indonesia, baik untuk layanan ketenagakerjaan maupun kesehatan. Jika Anda masuk dalam segmen Penerima Upah, maka kewajiban ini akan dipotong dari gaji setiap bulannya.

Namun, bagi yang masuk kategori BPU (Bukan Penerima Upah), wajib bayar secara mandiri. Loket BPJS atau tempat pembayaran lainnya menjadi salah satu cara menyelesaikan kewajiban tersebut. Lebih mudah lagi jika gunakan layanan ATM BCA.

TRENDING:  Begini Cara Bayar Shopee Lewat Alfamart

Bayar Iuran BPJS Melalui ATM BCA Ini Keuntungannya

Saat ini, masih ada saja nasabah yang belum tahu cara pembayaran BPJS lewat ATM BCA. Karena menganggap rekening tabungan hanya digunakan untuk menyimpan uang, membuat deposito berjangka, atau mengajukan kredit.

Padahal fungsi dari rekening bank yang Anda miliki lebih luas lagi. Di antaranya dapat digunakan untuk melakukan berbagai jenis tagihan. Asalkan sudah memiliki kartu debit, maka semua tagihan maupun iuran bisa dilakukan mudah dan cepat.

Lalu mengapa harus menggunakan layanan ATM untuk bayar berbagai tagihan? Jawabannya simpel, karena Anda bisa menemukan ATM di mana saja. Anjungan Tunai Mandiri merupakan salah satu layanan publik yang bisa ditemukan dengan mudah.

Apalagi jika Anda tinggal di wilayah perkotaan, maka akan semakin mudah menemukannya. Hal yang diperlukan hanyalah mengetahui bagaimana cara pembayaran BPJS lewat ATM BCA. Keuntungan menggunakan layanan ini adalah:

  1. Bisa bayar iuran dengan cara mudah, tanpa perlu mengantre, dan membuang banyak waktu. Terutama jika Anda punya kesibukan yang padat, maka akan sangat menguntungkan menggunakan layanan ini.
  2. Bisa dilakukan kapan saja. Keuntungan lainnya adalah bisa dilakukan kapan saja. Jika di loket pembayaran, Anda harus menunggu waktu buka loket dan memerhatikan agar tidak datang di saat loket sudah tutup. Sangat tidak fleksibel untuk Anda yang sibuk.
  3. Biaya admin yang murah, hanya perlu membayar Rp2.500,- untuk satu transaksi pembayaran iuran.
TRENDING:  Cara Mengatasi Lupa PIN ATM atau Terblokir

10 Cara Pembayaran BPJS Lewat ATM BCA

Memiliki kartu debit BCA artinya Anda sudah bisa melakukan berbagai transaksi menggunakan Anjungan Tunai Mandiri. Termasuk untuk melakukan pembayaran iuran BPJS Ketenagakerjaan maupun kesehatan.

Menggunakan metode transaksi ini bisa dilakukan dalam beberapa menit. Namun, pastikan dahulu bahwa saldo Anda cukup untuk pembayaran iuran, biaya admin, dan harus ada minimal Rp50.000,- di rekening. Berikut cara pembayaran BPJS lewat ATM BCA:

  1. Cari ATM BCA berlogo BCA di layarnya, jika menggunakan ATM bank lain Anda harus membayar biaya tambahan sebesar Rp5.000,- untuk transaksi.
  2. Masukkan kartu debit dan jangan lupa PIN ATM Anda.
  3. Selanjutnya akan muncul layangan transaksi tunai dan Anda harus memilih tombol kanan bawah “Transaksi Lainnya”.
  4. Berikutnya ambil Menu teratas di bagian kanan: “Pembayaran”.
  5. Akan muncul laman pilihan pembayaran yang ingin dilakukan, jika BPJS tidak ada di laman awal, maka pilih menu paling bawah di bagian kanan: “Layar Berikutnya”. Terus lakukan sampai menemukan pilihan pembayaran BPJS.
  6. Selanjutnya, ambil pilihan layanan BPJS-nya.
  7. Di layar berikutnya Anda perlu memasukkan periode program, 01 untuk 1 bulan, 03 layanan 3 bulan, 06 layanan satu semester, dan 12 bulan jika ingin membayar satu tahun penuh. Lalu klik benar.
  8. Berikutnya masukkan 16 digit NIK, lalu klik Benar.
  9. Di layar terakhir akan muncul keterangan nomor peserta, nama, program, dan jumlah tagihan. Kemudian klik Ya untuk menyelesaikan pembayaran.
  10. Simpan struk sebagai bukti transaksi.
TRENDING:  Lupa PIN SMS Banking BRI

Melakukan pembayaran berbagai iuran BPJS sangat mudah dilakukan karena bisa dilakukan di mana saja. Tidak hanya di loket saja, tapi sudah ada cara pembayaran BPJS lewat ATM BCA yang lebih mudah dan cepat dilakukan.