Bayar Listrik Indomaret

Cara Bayar Listrik di Indomaret

Masyarakat saat ini sudah menggunakan layanan bayar listrik Indomaret karena dinilai memberikan banyak kemudahan. Jaringan ritel waralaba yang berkembang pesat di tanah air membuat masyarakat bisa dengan mudah menemukan gerai Indomaret.

Indomaret merupakan salah satu ritel besar di tanah air, mini market ini membuka gerai hampir di seluruh wilayah Indonesia. Layanannya bukan hanya menjual berbagai kebutuhan sehari-hari, tapi juga melayani beragam jenis pembayaran tagihan rumah tangga.

Ada banyak perusahaan layanan jasa yang melakukan kerjasama bisnis dengan Indomaret, baik perusahaan swasta, BUMN, bahkan perusahaan pemerintah. Salah satunya adalah Perusahaan Listrik Negara atau yang dikenal dengan nama PLN.

Bentuk kerjasama antara Indomaret dan PLN adalah dalam hal menyediakan pembayaran prabayar dan pascabayar di ritel waralaba ini. Anda bisa dengan mudah melakukan pembayaran tagihan atau membeli token di kasir di gerai mana saja.

Mengapa Bayar Listrik Indomaret?

Kebutuhan listrik saat ini sangatlah tinggi. Karena digunakan di berbagai aspek kehidupan masyarakat, mulai dari bekerja, melakukan pekerjaan rumah tangga, hingga untuk bersantai. Semua kegiatan ini membutuhkan banyak asupan listrik.

TRENDING:  Cara Bayar Traveloka Via ATM BRI

Setiap warga negara punya hak untuk menikmati layanan PLN yang aman dan nyaman, tapi juga punya kewajiban untuk membayar tagihan dari kenyamanan tersebut. Lalu apa jadinya jika tagihan tersebut tidak dibayar? Inilah yang akan terjadi:

  1. Telat Bayar kurang dari 30 hari, maka Anda akan membayar denda tagihan sesuai dengan ketentuan dari pihak PLN. Biasanya sekitar Rp5.000,- untuk golongan 450 hingga 1.300 watt.
  2. Jika telat lebih dari satu bulan, maka sambungan akan diputus melalui MCB. MCB merupakan perangkat yang melindungi instalasi listrik rumah dari arus berlebihan. Jika sirkuitnya diputus, maka listrik di rumah akan mati.
  3. Apabila tidak membayar kewajiban Anda lebih dari 2 bulan, alat KWH meter di rumah Anda akan dibongkar dan aliran listrik dari tiang ke meteran juga akan diputus.
  4. Tidak membayar kewajiban lebih dari 3 bulan, maka bukan hanya pemutusan listrik, tapi Anda juga akan dihapuskan dari pengguna layanan PLN. Bahkan masuk dalam blacklist
TRENDING:  Lowongan Kerja IT dan Design di Indomaret Program Internship

Ketika Anda telat membayar listrik, maka harus segera bayar listrik Indomaret sehingga bisa kembali mendapatkan layanan dari PLN. Hal yang harus Anda lakukan untuk mendapatkan kembali layanan PLN adalah:

  1. Membayar denda yang disesuaikan dengan daya listrik di rumah. Minimal denda adalah Rp5.000,-, maksimal 3% dari total tagihan untuk daya 6.600 VA ke atas.
  2. Jika sambungan listrik diputus permanen, Anda hanya bisa mengajukan pendaftaran pelanggan baru. Bisa dilakukan melalui gerai PLN atau secara daring di situs resmi.

Cara Mudah Bayar Listrik Indomaret

Adanya layanan transaksi pembayaran tagihan PLN melalui Indomaret bisa membuat Anda lebih mudah memenuhi kewajiban, sehingga tidak akan mengalami risiko telat membayar dan mengalami pemutusan aliran listrik.

Banyaknya gerai Indomaret yang dibuka di berbagai wilayah tanah air memberikan kemudahan bagi konsumen PLN untuk memenuhi kewajiban. Hanya perlu mendatangi gerai terdekat kemudian melakukan langkah berikut:

  1. Langsung datangi kasir untuk menyelesaikan pembayaran tagihan atau jika ingin berbelanja terlebih dahulu, bisa mencari barang kebutuhan Anda kemudian baru menuju kasir.
  2. Jika di kasir masih ada antrean, Anda harus ikut mengantre. Karena layanan bayar listrik Indomaret termasuk dari layanan di kasir Indomaret, bukan tersedia sebagai layanan khusus dan tersendiri.
  3. Sampaikan bahwa Anda ingin melakukan pembayaran PLN dan berikan ID pelanggan. Kasir akan mengecek jumlah tagihan dengan ID tersebut, lalu menyampaikan total pembayaran yang sudah termasuk biaya admin sebesar Rp3.000,-.
  4. Bayar tagihan tersebut menggunakan uang tunai, kartu debet, kartu kredit, atau dompet digital Anda.
  5. Transaksi diproses dan Anda akan mendapatkan struk pembayaran setelah kasih menyelesaikan proses transaksi. Simpan struk sebagai bukti pelunasan tagihan.
TRENDING:  Cara Beli Token Listrik di Mandiri Online

Memenuhi kewajiban membayar tagihan PLN harus dilakukan setiap bulan. Jika perlu, Anda harus memasang pengingat agar tidak telat melakukan pembayaran dan harus membayar denda atau lebih parah lagi mengalami pemutusan aliran listrik.

Jika tidak ingin membayar denda besar, maka harus segera selesaikan tagihan Anda. Bisa bayar langsung di loket PLN atau bayar listrik Indomaret untuk layanan yang cepat dan mudah.