Bayar Listrik via ATM

Cara Bayar Listrik Via ATM BRI

Jika berbicara mengenai kemajuan yang telah dicapai dunia perbankan, Anda pasti tidak akan melupakan kemudahan bayar listrik via ATM. Saat ini, melakukan berbagai jenis tagihan dan cicilan memang sudah sangat mudah.

Tidak perlu pergi ke loket pembayaran sesuai jenis layanan, tapi bisa langsung membayar semua tagihan dan cicilan di satu pintu, yaitu layanan ATM. Apakah Anda salah satu yang aktif menggunakan layanan ini atau justru belum pernah menggunakannya?

Apabila Anda termasuk yang belum pernah menggunakan layanan-layanan perbankan melalui ATM, selain melakukan tarik tunai, maka sudah pasti harus mulai memanfaatkan semua kelebihan dari mesin Anjungan Tunai Mandiri ini.

Apalagi jika Anda memiliki kartu ATM atau kartu debit BRI, maka sungguh sayang apabila tidak memanfaatkannya sebaik mungkin. Kali ini, kami ingin berbagi informasi bagaimana cara melakukan transaksi pembayaran tagihan PLN menggunakan ATM BRI.

Cara Memiliki Kartu ATM BRI

Sebelum, Anda mengetahui mengenai bagaimana cara bayar listrik via ATM BRI, ada baiknya mengetahui dahulu bagaimana cara memiliki kartu ATM dari bank yang memiliki paling banyak nasabah di Indonesia ini.

TRENDING:  Cara, Kode dan Biaya Transfer BCA ke BNI

Tanpa punya kartu ATM dari bank bersangkutan Anda tidak akan bisa melakukan transaksi. Jadi, pertama-tama adalah miliki kartu ATM-nya terlebih dahulu. Cara agar bisa memiliki debit BRI adalah:

  1. Membuka rekening tabungan dengan mendatangi cabang atau unit BRI terdekat. Anda juga bisa mendatangi Teras BRI. Cukup bawa identitas diri untuk pembukaan rekening.
  2. Lakukan penyetoran awal setelah rekening dibuat dan buku diterbitkan. Setelahnya barulah Anda resmi menjadi nasabah.
  3. Selanjutnya, Anda akan mendapatkan kartu debit yang bisa didapatkan di hari yang sama atau menunggu keesokan harinya. Paling lambat 5 hari kerja. Jika membuka rekening di teras biasanya akan butuh waktu lebih lama.

Hanya dengan 3 langkah mudah, Anda bisa memiliki berbagai kemudahan untuk melakukan berbagai aktivitas perbankan. Salah satunya bayar listrik via ATM BRI yang bisa dilakukan kapan saja dan di semua Anjungan Tunai Mandiri di seluruh Indonesia.

TRENDING:  Cara Trading Tanpa Deposit Namun dapat Withdraw

Bukan hanya pembayaran listrik yang bisa dilakukan dengan lebih mudah dan cepat, memiliki kartu debit BRI juga akan memberikan banyak keuntungan lain, terutama yang berkaitan dengan transaksi perbankan.

Melunasi berbagai tagihan, cicilan, atau melakukan transfer dapat dilakukan dengan sangat mudah. Selain itu, Anda juga hanya perlu mengeluarkan Rp3.000,- untuk biaya admin. Harga yang murah dibandingkan harus antre berjam-jam di loket PLN.

Cara Bayar Listrik via ATM BRI

Seperti yang kami katakan sebelumnya, melunasi tagihan menggunakan ATM akan lebih hemat waktu dan mudah. Karena Anda hanya perlu melakukan beberapa langkah mudah berikut ini:

  1. Pastikan saldo rekening cukup untuk melakukan pembayaran listrik beserta biaya adminya. Selain itu, harus ada saldo minimal Rp50 ribu di rekening Anda.
  2. Datangi ATM BRI, pastikan dengan melihat tampilan di layar mesin ketika Anda pertama kali masuk ke bilik.
  3. Masukkan kartu debit dan jangan lupa PIN ATM Anda.
  4. Di layar akan muncul layanan penarikan tunai, pilih Menu paling kanan bawah untuk memilih opsi lain, yaitu “Lainnya”
  5. Selanjutnya, ambil opsi “Pembayaran/Pembelian”.
  6. Kemudian ambil pilihan “Listrik/Gas”
  7. Pilih menu PLN Pascabayar dan masukkan nomor meter atau ID pelanggan. Ambil pilihan “BENAR”.
  8. Perhatikan informasi pelanggan yang muncul di layar, pastikan sudah sesuai dengan rekening Anda. Lalu tekan “YA”.
  9. Kemudian pilih metode pembayaran, apakah dari rekening tabungan atau giro. Pilih rekening tabungan. Selanjutnya, langsung selesaikan transaksi.
  10. Anda akan menerima struk sebagai bukti pembayaran sudah diterima.
TRENDING:  Cara Menonaktifkan Kartu Kredit BCA

Dengan 10 langkah saja Anda sudah selesai bayar listrik via ATM. Walaupun langkahnya ada banyak, sebenarnya prosesnya tidak memakan waktu lama. Hanya perlu paling lama 10 menit untuk menyelesaikan transaksi ini.

Sepuluh langkah dalam sepuluh menit, kemudian Anda tidak perlu mencemaskan harus membayar denda atau diputus aliran listrik karena telat melunasi tunggakan. Namun, ingat lakukan pembayaran sebelum tanggal 20 setiap bulannya.

Di zaman canggih sekarang ini, tidak perlu repot ke loket PLN untuk bayar tagihan. Anda hanya perlu bayar listrik via ATM BRI terdekat dan cukup meluangkan waktu maksimal 10 menit untuk bertransaksi.