Cara Mengatasi Lupa Kode Akses BCA Mobile

Cara Mengatasi Lupa Kode Akses M BCA

Setiap nasabah pasti pernah mengalami lupa kode akses m BCA, akibatnya tak bisa akses aplikasinya serta bertransaksi secara mobile. Pengalaman tersebut tentunya sangat tak mengenakkan, dikarenakan kemudahan bertransaksi digital akan terhambat.

Bagi yang masih awam, kode akses berbeda dari PIN m-BCA. Ini adalah sebuah kombinasi antara angka serta huruf agar mampu membuka serta mengakses berbagai fitur dari aplikasi mobile BCA. Tidak berkaitan dengan transaksinya.

Sedangkan PIN m-BCA diperlukan untuk mengonfirmasi sebuah transaksi. Kedua password tersebut ada untuk memastikan keamanan dari para nasabahnya. Namun karena satu atau dua hal, terkadang nasabah melupakan kode mereka, akibatnya aplikasinya tak dapat dijalankan.

Tips Menangani Lupa Kode Akses M BCA

Seperti yang sebelumnya sudah dibahas, bahwa kode tersebut berhubungan erat dengan penggunaan aplikasinya. Karena fungsinya yang demikian, ketika melupakan kodenya, langkah pemulihannya tidak begitu rumit. Tak perlu mendatangi kantor cabang atau telp Call Center.

1. Buka Aplikasi BCA Mobile

Langkah pertama adalah membuka aplikasinya terlebih dahulu. Usahakan telah mengupgrade aplikasinya ke versi terbaru. Dengan upgrade ke versi terbaru, berbagai bug atau error telah diperbaiki, sehingga menghindari terjadinya kegagalan.

Baca juga:   Cara Mengatasi Lupa PIN Kartu Kredit BNI

2. Masuk ke Menu About

Di pojok kanan terdapat menu about, bentuknya seperti tanda seru dengan lingkaran yang mengitarinya. Pilihlah tombol itu kemudian menu aboutnya akan tampil di layar. Di sana terdapat berbagai informasi dasar terkait aplikasinya, bisa diabaikan.

3. Pilihlah Verifikasi Ulang

Pada bagian bawah terdapat tombol untuk memverifikasi ulang, karena Anda lupa kode akses M BCA, pilihlah tombol tersebut. Verifikasi tersebut akan membantu Anda untuk mereset serta mengganti kodenya, sehingga nantinya bisa mengaksesnya kembali.

4. Konfirmasi Apabila Hendak Melakukan Verifikasi Ulang

Setelah memilih atau memencet tombol verifikasinya, akan muncul konfirmasi tambahan. Yaitu terkait dengan perpesanan yang telah Anda terima sebelumnya. Pilih saja simpan, siapa tahu Anda masih memerlukan informasi pesan tersebut.

5. Kirimkan Template SMSnya

M BCA akan secara otomatis membuat sebuah template pesan serta beralih ke aplikasi perpesanan (SMS). Tidak perlu mengubah templatenya, langsung saja kirimkan menggunakan nomor yang telah terdaftar. Pastikan memiliki pulsa reguler, untuk berjaga isilah sekitar 5000 saja.

Baca juga:   Format SMS Banking BRI

6. Pastikan Telah Menerima Balasan

Tunggulah hingga mendapatkan pesan balasan, biasanya tidak memerlukan waktu lama. Apabila masih belum menerimanya, cobalah untuk mengulangi prosesnya atau memastikan kembali Anda memiliki pulsa untuk mengirim pesan sebelumnya.

7. Buatlah Kode Akses Baru

Apabila sudah mendapatkan informasi balasannya, Anda bisa kembali ke aplikasinya. Di sana diminta untuk mengisikan kode akses yang baru. Agar tidak lupa kode akses M BCA lagi, pastikan saat ini sudah menyiapkan kombinasi unik tetapi mudah diingat.

8. Konfirmasikan Kode Aksesnya

Langkah terakhir adalah mengonfirmasi ulang kodenya dengan cara memasukkan kodenya lagi ke prosesnya. Untuk memastikan kodenya sudah aktif, cobalah keluar aplikasi serta log in. Apabila berhasil, selamat Mobile bankingnya bisa digunakan kembali.

Cara Cegah Lupa Kode Akses M BCA

Lupa merupakah suatu kejadian alamiah manusia, karena memorinya terbatas serta setiap harinya harus mengolah berbagai jenis informasi. Namun ada beberapa hal yang harusnya tidak boleh dilupakan, salah satunya kode aksesnya mobile banking.

Karena kalau sampai melupakannya, akan menyulitkan apabila suatu waktu perlu untuk bertransaksi secara cepat. Agar mencegah melupakan kodenya, terdapat beberapa cara yang bisa Anda lakukan. Mulai dari menyusun passwordnya hingga menyimpan passwordnya.

Baca juga:   Cara dan Biaya Transfer BRI ke Mandiri

Ketika menyusun passwordnya usahakan berdasarkan suatu hal yang berkesan bagi Anda tetapi jarang Anda bagikan ke orang lain. Contohnya tentang permainan atau film yang pertama kali Anda tonton dan merasa berkesan hingga sekarang.

Dari ingatan itu tinggallah menyusun kombinasi sehingga semakin sulit untuk ditebak. Jangan terlalu aneh membuat kombinasinya, karena nantinya Anda juga akan kesulitan mengingatnya kembali. Pastikan ada kombinasi huruf dan angkanya.

Trik terakhir adalah tuliskan kombinasi tersebut sebagai sebuah kode. Contohnya bisa membuat satu kalimat yang terdiri dari 6 kata, masing – masing katanya mengandung satu kombinasi passwordnya. Mudah diingat, tetapi kecil kemungkinan diketahui orang lain.

 

Perkembangan teknologi digital serta mulai maraknya transaksi berbasis digital membuat aplikasi mobile banking menjadi semakin penting. Salah satu kendalanya adalah lupa kode akses m BCA, agar tidak panik, maka cobalah memahami langkah penanganannya.