Lupa PIN Kartu Kredit BNI

Cara Mengatasi Lupa PIN Kartu Kredit BNI

Lupa PIN Kartu Kredit BNI disaat belanja? yuk kita bahas.

Tahun 2021 mulai menunjukkan adanya tanda – tanda transaksi digital, namun masih tidak sedikit yang sering lupa PIN kartu kredit BNI mereka. Padahal perangkat transaksi digital seperti kartu kredit, dompet digital, dan kartu ATM merupakah hal yang vital.

Perangkat tersebut memudahkan setiap transaksi, seperti pembelian atau pemesanan barang tertentu. Terlebih saat ini berbagai pusat perbelanjaan di kota – kota besar sudah melayani pelanggannya dengan sistem pembayaran non tunai.

Bahkan juga terkadang menawarkan berbagai keuntungan, seperti mendapatkan cash back atau promo tertentu. Hal ini membuat keberadaan seperti kartu kredit atau dompet digital menjadi sangat vital. Karenanya harus segera diatasi apabila melupakan kode PINnya.

Lupa PIN Kartu Kredit BNI, Ini Beberapa Penyebabnya

Sebenarnya kendala transaksi non tunai, seperti lupa password atau PIN ini tidak hanya dialami oleh nasabah BNI saja, tetapi juga nasabah bank lainnya. Hal ini tidak mengagetkan karena sifat dasar manusia itu sendiri sebenarnya cenderung pelupa.

TRENDING:  Syarat Gadai Sertifikat Rumah di Pegadaian

Secara umum ada beberapa sebab kenapa orang – orang bisa melupakan PIN mereka. Beberapa di antaranya disebabkan oleh faktor biologis atau fisik, seperti sedang kelelahan, tidak fokus, dan sebagainya. Ada juga yang disebabkan karena faktor teknis.

1. Sedang Terburu – Buru

Ketika sedang terburu – buru otak cenderung tidak bisa fokus, pikirannya bergelut ke mana – mana sehingga menyebabkan PIN yang biasanya teringat kini tidak muncul. Apabila dalam kondisi terburu – buru langkah terbaiknya adalah menenangkan diri dahulu.

Cobalah tarik nafas dalam – dalam, minumlah seteguk air, serta mengatur pernafasan. Ketika paniknya sudah mulai hilang biasanya hal – hal yang terlupa biasanya akan muncul kembali.

2. Tubuh Dalam Kondisi Kelelahan

Biasanya sering kali terjadi ketika berbelanja setelah seharian bekerja dan tubuh sedang dalam kondisi lelah sekali. Pada dasarnya tubuh ketika lelah, prioritasnya adalah beristirahat, sehingga tidak jarang cenderung sulit untuk mengingat, tidak hanya PIN tapi juga hal lainnya.

Apabila memang harus berbelanja saat itu juga, alangkah baiknya selalu menyediakan uang cash cadangan. Sehingga ketika lupa, masih bisa meneruskan proses berbelanjanya dengan lancar.

TRENDING:  Cara Bayar Listrik di Indomaret

3. Kata Sandinya Sulit Untuk Diingat

Memang salah satu kategori password atau PIN kartu kredit BNI yang baik adalah memiliki kombinasi unik. Namun kombinasi tersebut menjadi tidak berguna apabila Anda pada akhirnya juga lupa PIN kartu kredit BNI tersebut.

Fokuslah pada kemudahan Anda untuk mengingatnya, salah satunya membuat kombinasi sesuai dengan kondisi Anda. Pastikan orang lain tidak bisa menebaknya, karenanya hindari hal umum seperti keluarga dan tanggal penting.

4. Pernah Mengganti Sandinya

Bisa juga karena beberapa waktu sebelumnya pernah mengganti PINnya, namun Anda masih mengingat kombinasi PINnya yang lama. Apabila kondisinya demikian, cobalah berusaha mengingatnya kembali. Apabila sudah tidak memungkinkan, bisa meminta sandi ulang.

Lupa PIN Kartu Kredit BNI Solusi dan Cara Mengatasinya

Apabila sudah melakukan berbagai cara mengingatnya, namun masih belum bisa ketemu, tidak perlu panik. Bank BNI menyediakan beberapa langkah untuk mereset PINnya, yaitu dengan menggunakan aplikasi perpesanan (SMS) atau melalui call center.

1. Mengatasi Dengan SMS

Cara ini adalah langkah tercepat untuk mendapatkan PIN ketika melupakan kombinasi sebelumnya. Selain prosesnya cepat, Anda tidak perlu harus mendatangi kantor cabangnya secara langsung. Namun harus mempersiapkan pulsa untuk membayar SMSnya.

TRENDING:  Cara Tarik Tunai Kartu Kredit BCA

Cara mendapatkan PIN memakai layanan perpesanan adalah dengan mengetikkan kode khusus. Pertama menuliskan “RPIN” setelah itu diikuti dengan nomor kartunya. Terakhir diikuti dengan tanggal lahir, formatnya hari, bulan, tahun (6 digit).

Setelah itu akan mendapatkan balasan dari pihak Bank berisi informasi terkait PIN kartu kreditnya. Sehingga Anda bisa menggunakannya kembali untuk bertransaksi atau membeli sesuatu.

2. Menghubungi Call Center

Alternatif lainnya adalah menghubungi call center, layanan ini aktif 24 jam sehingga bisa melayani berbagai keluhan nasabahnya kapan saja. Langkahnya sederhana, tinggal menghubungi nomor call centernya lalu menceritakan keluhan Anda.

Petugas akan memeriksa kesesuaian identitas terlebih dahulu, kemudian membantu memberikan kode PINnya. Sehingga Anda bisa menggunakan kembali kartu kreditnya untuk melakukan berbagai transaksi seperti biasanya.

Peralihan ke dunia digital kini semakin cepat dan diminati oleh berbagai pihak. Karenanya harus mempersiapkan berbagai perangkat, seperti kartu kredit atau dompet digital. Tidak lupa harus tahu cara mengatasi lupa PIN kartu kredit BNI agar tidak gampang panik.