Syarat KUR Ritel BNI

Inilah Syarat KUR Ritel BNI dan Proses Pengajuannya

Bagi masyarakat yang ingin membuka usaha mikro atau membutuhkan modal untuk memulai usaha tersebut, sangat disarankan agar segera mencoba KUR Ritel BNI. Hal tersebut bisa menjadi solusi tepat kepada masyarakat.

Kini masyarakat sudah tidak perlu lagi merasa sulit ketika telah memiliki kemampuan tertentu yang sekiranya dapat menghasilkan uang. Dengan melakukan kredit tersebut, maka untuk hidup sejahtera bukan lagi menjadi mimpi.

BNI memberikan fasilitas kepada masyarakat yang akan menggunakan KUR ini adalah calon para TKI, debitur UMKM, pekerja magang luar negeri, serta kaluar karyawan dengan penghasilan tetap. Hal tersebut bisa menjadi jaminan dalam melakukan syarat-syaratnya.

Biasanya seseorang yang memanfaatkan layanan BNI ini adalah orang-orang kota karena mereka mendapatkan informasi lebih cepat, sedangkan untuk masyarakat di desa mulai sekarang perlu menggunakannya demi membuka usaha sendiri.

Ada empat macam 4 jenis produk yaitu, KUR kecil dengan jangka waktu 4 tahun, mikro sampai waktu 3 tahun, Kur penempatan tenaga kerja sampai 3 tahun, dan khusus maksimalnya adalah 4 tahun.

Baca juga:   Cara Transfer BNI Ke BCA Biaya dan Kode Transfer

Keunggulan KUR Ritel BNI yang Perlu Diketahui

Tentu banyak terdapat keunggulan dirasakan oleh masyarakat, sehingga hal tersebut membuat usaha dapat berjalan secara lancar. Sedangkan suku bunganya terbilang cukup rendah daripada pinjaman lain dengan jumlah 6% saja.

Sampai pada 31 Juli 2020, penyaluran dana Kur tersebut berjumlah 9, 76 triliun, sedangkan penerima dan sampai berjumlah 257.616 dari seluruh Indonesia. Hal tersebut membuktikan masyarakat telah percaya melakukannya.

Beberapa keunggulan yang akan dirasakan oleh masyarakat ketika mendapatkan saluran kredit usaha rakyat tersebut yaitu, adanya binaan berbasis klaster, mendapatkan binaan sinergi BUMN serta startup dengan lancar.

Sampai 2019 pemerintah menetapkan bahwa BNI sendiri merupakan penyaluran dana kredit usaha rakyat terbaik 1, sementara masyarakat sendiri dapat mengakses kerja samanya dengan biaya cukup mudah dalam meningkatkan penghasilan dari usaha.

Pengajuan tersebut bisa dilakukan menggunakan sistem online yaitu melalui e-form BNI. Untuk biaya setiap provinsinya terkait layanan-layananya adalah gratis. Bahkan masih mendapatkan pendampingan bersama program one village one product.

Baca juga:   Syarat Agar Bisa KUR BRI Syariah, Pahami Sekarang!

Syarat-syarat Melakukan KUR Ritel BNI

Melakukan beberapa syarat KUR Ritel Bank BNI ini sebenarnya tidak akan menyulitkan masyarakat dari kalangan apapun. Hal tersebut telah dibuktikan sendiri melalui cara menghitung banyak orang telah melakukannya sebelumnya.

Syarat pengajuan kredit usaha rakyat tersebut adalah seseorang tersebut harus WNI, paling usianya minimal 17 tahun, usahanya telah berjalan paling sedikit 6 bulan, dan nasabah tidak terikat kredit dari beberapa bank lainnya.

Untuk syarat administrasi KUR Ritel BNI perorangan adalah Anda perlu menyiapkan berkas-berkas seperti fotokopi E-KTP, kartu keluarga, surat nikah, surat keterangan dari kelurahan, dokumen jaminan di atas 50 juta, NPWP apabila ingin kredit lebih dari 50 juta.

Sedangkan syarat administrasi untuk badan usaha sama seperti perorangan, hanya saja Anda perlu menambah fotokopi surat ijin usaha yang terbit dari pemerintahan daerah, dan akan dibebankan biaya sebesar 150.000 rupiah.

Apabila terjadi penunggakan pembayaran uang cicil, nasabah mendapatkan denda terhitung setiap tahun berjumlah 5 persen dari saldo menunggak tersebut. Tentunya denda tersebut terhitung masih cukup rendah.

Baca juga:   Ini 10 Pinjaman Uang Online Tanpa Jaminan dengan Limit Rp. 20jt Hingga Rp. 50jt

Proses Pengajuan KUR Ritel BNI

Setelah syarat-syarat yang sebelum sudah disiapkan oleh calon nasabah, selanjutnya ia perlu melakukan beberapa proses terkait pengajuan KUR BNI, sehingga uang yang dibutuhkan bisa cepat diterima nantinya.

Calon nasabah hanya perlu datang langsung ke kantor BNI terdekat dengan membawa beberapa persyaratan sebelumnya. Sampai di kantor, ambil nomor antrean untuk menunggu sampai calon nasabah mendapatkan panggilan.

Petugas nantinya meminta Anda agar segera mengisi formulir secara lengkap. Setelah proses ini selesai, biasanya petugas akan menanyakan apa yang dibutuhkan dan memeriksa kelengkapan syarat administrasi sebelumnya.

Nantinya ketika urusan di kantor selesai, pihak bank akan langsung survei tempat lokasi usaha Anda serta melakukan wawancara hal yang berkaitan. Selama kurang satu minggu, proses persetujuan beserta memberikan surat pernyataan bermaterai 6000.

Kredit usaha rakyat jenis ritel ini, nasabah bisa meminjam uang sampai berjumlah 25 juta sampai 500 juta rupiah. Pastinya masyarakat bisa mengelolanya sendiri sesuai kebutuhan, sehingga KUR Ritel BNI dapat benar-benar bermanfaat.