Pengajuan KUR Mandiri

Inilah Syarat Pengajuan KUR Mandiri

Masyarakat yang punya usaha kecil wajib tahu cara pengajuan KUR Mandiri, mulai dari syarat, aturan hingga manfaatnya demi memperbaiki keadaan ekonomi. KUR ada sebagai bantuan pemerintah dengan penyaluran dari perbankan untuk membantu pendanaan usaha kecil.

Selama ini mungkin usaha kecil dengan modal minim merasa susah mengembangkannya karena tidak ada tempat peminjaman layak, baik dari segi manfaat atau syaratnya. Bank memang sudah ada lama menyediakan kredit bagi bisnis, namun masih biaya besar.

KUR adalah program baru dan inovatif karena Pemerintah juga punya tujuan membangun ekonomi nasional, sehingga membantu pembiayaan bagi UMKM. Bank semakin berperan serta dalam menunjang perkembangan perekonomian rakyat melalui KUR ini.

Namanya sebagai usaha rakyat menandakan layanan ini benar-benar bisa dimanfaatkan warga kecil. Karena masih banyak usaha rakyat butuh pembiayaan, bank Mandiri sebagai bank BUMN terbaik di Indonesia juga sudah menyediakannya.

Tujuan Pengadaan KUR oleh Pemerintah

Sebagai pembiayaan yang bertujuan meningkatkan usaha rakyat, KUR Mandiri tersedia dalam beberapa jenis sehingga pemohon dapat mengajukan sesuai kebutuhannya, yakni Mikro, Ritel, Penempatan TKI, dan KUR Khusus.

TRENDING:  Inilah Cara Pengajuan KUR BNI Syariah

Datang dengan manfaat berbeda dalam jumlah kredit maupun syarat, pemohon dalam memilih jenis KUR yang paling tepat dapat menyesuaikan kebutuhan dananya. Jumlah yang disediakan oleh Bank Mandiri dimulai 10 juta hingga 500 juta.

Terlepas dari jenisnya, keberadaan bantuan ini cukup menarik antusias masyarakat di mana selama ini masih susah menemukan kredit aman. Karena memang bentuk dukungan pemerintah, KUR dalam segi bunga tergolong terjangkau.

Secara singkat pengajuan KUR Mandiri akan disetujui jika mereka sudah punya rencana usaha yang punya prospek bagus kedepannya. Karena tujuannya memang memajukan ekonomi nasional dengan meningkatkan peran UMKM, produktifitas dari daerah lebih diutamakan.

Selain menunjang pertumbuhan ekonomi, KUR ini ada sebagai solusi atas tingginya tingkat pengangguran di Indonesia. Semakin banyak usaha tercipta, maka tenaga kerja terserap lebih besar hingga kemudian membantu mengurangi angka kemiskinan.

Manfaat dari Pengajuan KUR Mandiri

Pengusaha atau personal yang membutuhkan suntikan dana, melakukan pengajuan dana KUR di bank Mandiri merupakan pilihan solusi terbaik. Jika memiliki usaha kecil-kecilan, dan Anda merasa butuh modal agar maju, segera manfaatkan peluang ini.

TRENDING:  Syarat dan Bunga KUR BNI, Mudah dan Murah

Pihak lain yang bergerak dibidang pembiayaan sebenarnya ada banyak, bahkan KUR ini juga bisa diperoleh dari beberapa bank lainnya, namun Mandiri dating memberikan layanan paling baik diantara penyedia.

Selain suku bunga rendah dan syarat pengajuan KUR Mandiri cukup mudah, debitur bisa mendapat beberapa manfaat lain dari keunggulan KUR Mandiri. Pemohon hanya perlu mengajukan dan menyiapkan semua dokumen yang dibutuhkan.

Selama memang memenuhi syarat, dana Anda akan disetujui oleh pihak bank. Tidak ada aturan maupun syarat berat untuk mendapatkan KUR sesuai kebutuhan rakyat. Jenis usaha untuk mengembangkan bidang kedaerahan sangat didukung.

Bahkan limit kredit terbilang besar bagi pengusaha kecil kerakyatan. Bentuk usaha di bidang yang memang produktif berupa pertanian, perikanan dan kelautan, kehutanan, industry kreatif, bisnis simpan pinjam atau apapun selama berguna untuk kebaikan masyarakat.

Ketentuan Umum Mengajukan KUR Mandiri

Semua masyarakat Indonesia bisa mengajukan KUR jika sudah berusia 21 Tahun, bisa juga di bawahnya bagi yang sudah menikah. Jenis KUR TKI bahkan bisa jika masih berusia 18 tahun dengan syarat sudah diijinkan oleh orang tua/wali bekerja ke luar negeri.

TRENDING:  Pengertian KUR: Bagaimana Mendapatkan Kredit Usaha Rakyat?

Sesuai tujuan utama pemerintah mengeluarkan KUR, maka syarat usaha milik debitur saat pengajuan KUR Mandiri adalah produktif atau potensial. Maksudnya supaya perkembangan ekonomi dapat tercapai secara baik.

Harus dipastikan juga bahwa pemohon sedang tidak memiliki kredit di bank serta tidak terdapat namanya dalam daftar hitam penagihan BI. Jika ini sudah terpenuhi, pemohon tinggal menyediakan dokumen pengajuan.

Anda harus menyediakan foto copy KTP, KK, foto terbaru, Surat Izin Usaha dan keterangan terkait usaha. Jika mengajukan dana lebih dari 50 juta, maka NPWP juga dibutuhkan, dibawahnya tidak perlu dokumen ini.

Proses pengajuan kredit ini juga tidak memakan banyak tahapan atau waktu. Jika Anda sudah mengajukan ke Mandiri, Anda tinggal menunggu persetujuannya setelah pihak bank telah memeriksa kelayakan usaha pemohon.

Dengan jangka waktu bervariasi, yakni 3 hingga 5 tahun, pemohon diharapkan mampu mengembangkan usaha miliknya. Biaya suku bunga yang diberikan juga sebesar 6% per tahun, terlepas jenis pengajuan KUR Mandiri pilihan debitur, cukup terjangkau.