Fungsi Kartu Kredit Kegunaan Pengertian

Fungsi Kartu Kredit Kegunaan dan Pengertian

Dunia perbankan di Indonesia semakin maju terbukti dengan banyaknya fungsi kartu kredit yang bisa dirasakan oleh nasabah. Lalu apa saja fungsi dari kartu kredit ini? Simak artikel di bawah ini hingga selesai!

Semakin hari dunia semakin canggih perkembangan teknologi yang pesat membawa pembaruan baru, salah satunya adalah sektor perbankan. Banyak inovasi baru yang bisa dirasakan nasabah saat ini mulai dari mobile banking hingga kartu kredit.

Kartu kredit merupakan fitur keuangan yang ditawarkan bagi para nasabah sebagai alat transaksi. Dengan menggunakan kartu ini Anda bisa membeli sesuatu tanpa harus mengeluarkan uang dahulu atau di cicil hingga tanggal jatuh tempo yang ditentukan.

Dengan adanya credit card tentunya dapat membantu para nasabah ketika ingin membeli sesuatu akan tetapi sedang tidak memiliki uang yang cukup. Namun, tentu ketika menggunakan credit card terdapat juga bunga yang dibebankan bagi nasabahnya.

Ketahui Pengertian Kartu Kredit

Kartu kredit adalah sebuah kartu yang dikeluarkan oleh bank untuk metode transaksi membeli barang atau juga jasa menggunakan sistem pembayaran kredit. Artinya pihak bank akan terlebih dahulu membayarkan dahulu kemudian Anda harus membayar dengan di cicil.

TRENDING:  Cara Tarik Tunai Kartu Kredit BCA

BACA JUGA

Jangka waktu dari pembayaran kartu kredit ini juga beragam tergantung dengan barangnya. Semakin mahal barang yang Anda beli maka semakin mahal juga bayaran cicilannya. Di jaman sekarang fungsi kartu kredit ini sangatlah penting.

Ketika Anda menggunakan metode transaksi dengan kartu kredit maka akan dikenakan biaya bunga dan juga biaya bunganya berbeda-beda tergantung dari produk yang dibeli. Setiap bank juga menerapkan bunga berbeda-beda.

Setiap credit card memiliki limit yang berbeda-beda, biasanya limit dari setiap bank yang diberikan menyesuaikan dengan kemampuan nasabah tersebut untuk membayarnya. Oleh karena itulah kenapa ketika mendaftar credit card harus melampirkan slip gaji.

Anda hanya bisa membeli barang sesuai dengan limit yang dimiliki. Contohnya jika nasabah memiliki limit 5 juta rupiah, maka ketika pembelian yang melebihi limit tidak akan diproses sehingga pastikan membeli barang sesuai dengan limit.

Namun, limit bisa dinaikkan ketika nasabah sudah memenuhi persyaratan untuk penambahan limit. Ketika menggunakan produk bank satu ini harus berhati-hati jangan sampai telat karena bisa membuat Anda terkena denda, semakin lama telatnya semakin besar juga dendanya.

TRENDING:  Cara Mengatasi Lupa PIN Kartu Kredit BNI

Setelah mengetahui pengertian dari produk bank ini selanjutnya ketahui apa saja fungsi dari kartu kredit. Oleh karena itu untuk mengetahui apa saja fungsinya simak ulasannya di bawah ini.

Fungsi Kartu Kredit Sangatlah Beragam

Untuk memiliki kartu yang banyak sekali fungsinya ini Anda perlu terlebih dahulu mendaftar dan memenuhi semua persyaratan yang ditetapkan. Setelah berhasil mendaftar maka nasabah sudah bisa memanfaatkan semua fungsi dari credit card seperti berikut ini.

  1. Dana Mendadak

Salah satu fungsi dari kartu kredit ini bisa dijadikan dana mendadak atau dana emergency. Dana emergency ini bisa digunakan sebagai keperluan mendadak dan benar-benar darurat. Jadi tidak perlu khawatir jika terjadi sesuatu.

Contoh dari dana emergency ini yaitu seperti ketika membutuhkan dana secara cepat untuk operasi, melahirkan dan lain-lain. Jadi jika sedang tidak punya uang yang cukup Anda bisa menggunakan credit card terlebih dahulu untuk membayarnya.

  1. Dana untuk Modal Usaha

Tidak semua orang memiliki dana yang cukup untuk membuka usaha, sehingga pemanfaatan dari kartu kredit ini dapat berguna menjadi dana untuk modal. Anda bisa menggunakan kartu kredit terlebih dahulu untuk pembayaran keperluan usaha.

TRENDING:  Cara Menonaktifkan Kartu Kredit BCA

Contohnya jika Anda ingin membuka jasa fotocopy, maka bisa menggunakan kartu ini untuk melakukan cicilan mesin fotocopy. Tentunya fungsi kartu kredit satu ini sangat membantu para nasabah yang ingin memulai usaha.

  1. Alternatif Metode Transaksi Belanja Online

Perkembangan zaman membawa banyak perubahan salah satunya dari sektor jual beli. Saat ini untuk membeli barang yang diinginkan tidak perlu jauh-jauh datang ke tokonya, sekarang bisa melalui online berkat banyaknya marketplace.

Untuk pembayaran dari pembelian barang secara online melalui marketplace ini tersedia beragam metode mulai dari transfer bank hingga menggunakan credit card. Jadi dengan kartu ini Anda bisa berbelanja secara online.

Credit card merupakan produk keuangan dari pihak bank yang ditawarkan bagi para nasabah sebagai alat transaksi. Fungsi kartu kredit juga terbilang banyak, akan tetapi pastikan Anda memenuhi persyaratan untuk pendaftarannya.