Tabungan Haji BRI

Tabungan Haji BRI, Apa Kelebihannya?

Tersedia beberapa bank pembiayaan haji di Indonesia, Tabungan Haji BRI ialah pilihan terbaik yang bisa dimanfaatkan saat ini. Mengingat bahwa naik Haji merupakan kewajiban Muslim dengan kemampuan finansial, semakin awal mempersiapkannya tentu malah bagus.

Dalam menentukan layanan paling baik, selain melihat aturan maupun syarat simpanannya, maka lebih penting memperhatikan juga manfaat lain dari tabungan tersebut. Semakin bagus jika kelak, tabungan Anda mendatangkan manfaat selain berangkat naik Haji saja.

Beberapa bank menawarkan kelebihan masing-masing, sehingga sebelum menentukan satu, perhatikan secara pasti terkait manfaat mereka. Sebagai bank paling luas jangkauannya di Indonesia, BRI juga punya simpanan khusus tabungan Haji.

Nasabah tentu akan membuka akun khusus untuk menikmati atau mulai menyimpan biaya naik Haji ini. Karena tujuannya adalah memenuhi kewajiban seorang umat Islam, sistem yang diberlakukan pihak bank umumnya menyesuaikan dengan hukum Syariat.

Perbedaan Tabungan Haji dengan Simpanan Lain

Simpanan Haji itu hadir untuk membantu nasabah mempersiapkan tabungan atau pembiayaan terkait kebutuhan perjalanan Haji. Tentu cukup lama waktu yang diperlukan hingga semua dana benar-benar terkumpul dan nasabah menunaikan Haji.

TRENDING:  Begini Cara dan Biaya Transfer BRI ke BNI

BACA JUGA

Sehingga sebelum mendaftar simpanan Haji, termasuk Tabungan Haji BRI, Anda harus memperhatikan dengan baik terkait kelebihan ataupun kekurangan layanan tersebut. Karena ini tergolong tabungan berjangka, ada beberapa aturan yang wajib dipahami oleh nasabah.

Simpanan Haji hanya berbeda dalam aturan yang ditetapkan, di mana menyesuaikan dengan Syariat Islam. Nasabah akan menabung sejumlah dananya dalam kurun waktu tertentu sampai jumlah untuk biaya naik Haji terpenuhi.

Karena namanya memang tabungan Haji, Anda yang mendaftar ini hanya akan memakai atau menarik dana untuk keperluan tersebut, atau melakukan Umrah juga biasanya bisa. Simpanan yang telah disetorkan tidak untuk kebutuhan dadakan lainnya.

Ini harus diingat nasabah sebelum yakin membuat rekening khusus Haji. Aturan mengenai pembagian imbalan dengan bank juga mengikuti humum Syariah, yakni sistem bagi hasil bukan seperti tabungan jangka panjang lainnya.

Kelebihan dari Tabungan Haji BRI

Saat mendaftarkan rekening Haji, sebaiknya pastikan bagaimana sistem ini bekerja dengan bertanya langsung ke pihak bank. Tetapi di situs bank penyedia, informasi ini juga sudah terpampang biasanya beserta dengan manfaat lainnya.

TRENDING:  Limit Tarik Tunai BCA di Atm dan Teller

Beberapa bank di Indonesia sudah memiliki jaringan kerjasama dengan Sistem Penyelenggaraan Haji yakni SISKOHAT oleh Departemen Agama. Sangat membantu persiapan persiapan Anda untuk keberangkatan haji.

Namun harus diketahui nasabah Tabungan Haji BRI bahwa ada syarat untuk mendaftar ini, yakni harus tersedia dana simpanan paling sedikit Rp 25 juta. Pihak bank akan mendaftarkan Anda ikut haji jika hal ini sudah terpenuhi.

Kelebihan memilih bank penyedia seperti BRI untuk biaya Haji ini dapat menyediakan manfaat lain berupa perlindungan jiwa hingga musibah yang menimpa nasabah selama masa simpanan. Dana investasi Anda untuk haji dapat ditukarkan menjadi uang ke pada ahli waris.

Bahkan pembayaran biaya layanan ini sangat kecil, mulai 10 ribu pembayaran per bulan dan setoran biasanya 50 ribu juga tersedia. Belum lagi transaksi yang tersedia secara online melalui situs bank atau aplikasi.

Simpanan haji anak-anak kini juga bisa dilakukan orang tua dengan usia minimal 5 tahun. Hanya perlu biaya awal 50 ribu saat pembukaan rekening haji. Anak Anda bahkan sudah bisa didaftarkan ikut haji saat mereka 10 tahun ke SISKOHAT, tabungan telah mencapai 25 juta.

TRENDING:  Lupa PIN SMS Banking BRI

Tahap Membuat Tabungan Haji BRI

Secara umum, dana untuk haji sebaiknya dilakukan bukan untuk biaya kegiatan tersebut, namun memberikan kelebihan lain namun tetap sesuai Syariah. Seperti Tabungan Haji di bank BRI sebagai pemenuh kebutuhan Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH) aman.

Untuk bisa menikmati Tabung Haji ini, setoran nasabah setidaknya 50 ribu, di mana kemudian nasabah melakukan setoran per bulan minimum 10 ribu saja. Akan ada juga saldo mengendap di rekening pemohon yakni 50 ribu juga.

Karena untuk kebutuhan perjalanan haji, nasabah tidak diberikan fasilitas Kartu ATM, ini memang sesuai tujuan dana yang tidak dapat ditarik bebas oleh nasabah. Tetapi dengan BRI, tersedia fitur lain yakni asuransi bersama tabungan ini.

Belum lagi kemudahan lain yakni layanan pemotongan zakat secara langsung dari pembagian hasil tabungan. Biaya administrasi sesuai hukum Syariah yaitu tanpa biaya. Pemohon membutuhkan dokumen berupa KTP, NPWP, dan KK.

Jika semua dokumen sudah tersedia, calon nasabah tinggal mendatangi kantor terdekat mendaftarkan akun tabungan ini. Jangan lupa menyiapkan dana pembuatan Tabungan Haji BRI, tidak perlu khawatir karena tidak perlu waktu lama rekening jadi.