Tabungan Mandiri Pelajar

Tabungan Pelajar Mandiri, Inilah Manfaat dan Syaratnya

Pemahaman umum terkait pemegang tabungan pelajar Mandiri atau rekening khusus pelajar masih belum tersedia, karena yang bisa buka rekening atau pegang kartu ATM itu adalah orang dewasa atau usia 17 tahun ke atas. Tetapi kenyataannya, anak-anak sudah berhak.

Setiap bank di Indonesia umumnya telah menyediakan layanan untuk tabungan pelajar, seerti namanya rekening tersebut memang diperuntukkan bagi anak-anak usia siswa. Mulai dari tingkat pendidikan usia dini hingga sekolah menengah.

Datang untuk memenuhi keperluan siswa yakni lebih terbiasa menabung sejak dini, rekening ini dikhususkan demi hal tersebut. Semua aturan, syarat dan layanan memang didesain membantu anak lebih rutin menabung, sekalipun jumlah rendah.

Jadi, tidak lagi ada kendala bagi anak-anak atau usia di bawah 17 tahun membuka rekening dengan nama mereka sendiri di bank. Tidak seperti syarat membuat rekening bagi nasabah dewasa umumnya, tabungan siswa termasuk tabungan pelajar Mandiri tidak perlu KTP.

Tapi membutuhkan identitas orang tua ataupun walinya saja, sementara pemilik hanya menyediakan identitas sesuai status mereka yakni kartu pelajar. Dan mengenai bank penyedia, MAndiri termasuk pilihan bank terbaik saat ini mengingat kualitas layanannya.

TRENDING:  Maksimal Batas Penarikan ATM BRI

Manfaat Memiliki Tabungan Pelajar Mandiri

Memiliki rekening khusus bagi anak, selain mengajari mereka budaya menabung dan tanggungjawab sejak kecil, secara gambaran besar, orang tua akan memiliki bekal lebih menyiapkan mereka memasuki pendidikan lebih tinggi yakni universitas.

Bayangkan jika anak Anda sudah membuka rekening dari TK, karena memang tersedia dari tingkatan pendidikan pelajar TK, maka jumlah tabungan sang anak akan cukup besar membantu membiayai kuliahnya sendiri.

Simpanan Pelajar (SimPel) membuka peluang bagi semua siswa mulai dari PAUD, TK, SD, MI, SMP, MTS, hingga SMA mempersiapkan cadangan luar biasa di masa depan lebih aman dan menyenangkan juga untuk anak.

Jika orang tua atau pihak sekolah memilih bank Mandiri, maka aturan yang disediakan turut berperan lebih besar menjaga disiplin anak. Meskipun tabungan pelajar Mandiri dibekali dengan ATM, siswa tidak leluasa bertransaksi memakainya secara bebas.

Menarik uang hanya diperbolehkan maksimal dua kali dalam jangka waktu sebulan. Jumlah yang disetujui juga ada batasannya. Ini memungkinkan anak tidak fokus menghabiskan tabungannya, melainkan menabung secara rutin.

TRENDING:  Cara Menabung di Bank untuk Pelajar

Pada kenyataannya, terdapat berbagai manfaat jika membuat rekening bank simpanan pelajar khususnya dengan Bank Mandiri, bahkan bisa dibilang tidak ada ruginya sama sekali. Biaya admin atau potongan rutin layaknya tabungan di bank tidak berlaku di sini.

Syarat dan Proses Membuka Simpanan Pelajar Mandiri

Ide menyiapkan tabungan di bank atas nama anak sudah terdengar menguntungkan, namun jauh lebih menguntungkan ketika memilih layanan tabungan pelajar Mandiri sebagai tempat siswa membuka rekening. Syarat untuk ini cukup sederhana.

Pemohon wajib warga Indonesia dan masih usia dalam masa pendidikan sebagai TK, SD, SMP, SMA atau sederajatnya. Namun di Bank mandiri Ibu juga dapat kelebihan untuk memiliki rekening jenis ini. Usia pemohon diharuskan masih di bawah 17 tahun dan tidak ada KTP.

Tetapi anak juga wajib menyediakan identitas diri, dalam hal ini mereka harus menunjukkan Kartu Pelajar atau surat berisi nomor siswa, bisa juga surat atau rapor dari sekolah mereka sebagai bukti bahwa pemohon masih pelajar.

TRENDING:  Limit Tarik Tunai BCA di Atm dan Teller

Calon nasabah diharuskan juga untuk menyediakan identitas orang tua maupun walinya, ini bisa berupa SIM, KK, atau KTP. Beberapa kondisi mensyaratkan surat izin dari orang tua bahwa anak bisa membuka rekening jenis ini.

Sementara untuk tabungan pelajar Mandiri, pemohon tinggal mendatangi kantor Mandiri terdekat. Akan lebih bagus jika orang tua atau wali telah memiliki rekening di Mandiri sebelumnya, sehingga bisa menanyakan terkait simulasi simpanan untuk nasabah nantinya.

Tidak mahal biaya yang diperlukan membuka tabungan pelajar ini, cukup menyediakan 5 ribu di mana nanti sebagai saldo mengendap. Kemudian nasabah dapat menabung minimal seribu rupiah dan tidak perlu potongan per bulannya.

Mendaftarkan siswa untuk memiliki cadangan mereka sejak awal membawa banyak manfaat bagi kaum muda dalam mempersiapkan masa depannya, yakni simpanan pribadi. Mendapatkan kartu ATM dan pemakaian di beberapa merchant juga tersedia.

Mandiri juga menawarkan bantuan dengan layanan e-Banking untuk tabungan pelajar ini, namun khusus mengecek saldo. Tetapi biaya gratis dan transaksi mudah memungkinkan pemilik tabungan pelajar Mandiri adalah solusi hemat dan inovatif bagi semua siswa.