Cara Kirim Uang Lewat Western Union

Cara Kirim Uang Lewat Western Union

Di zaman modern seperti saat ini biaya kirim uang lewat Western Union ke luar negeri tidak menjadi masalah karena yang terpenting tujuan nasabah tersampaikan, yaitu para nasabah bisa mengirimkan uang kemanapun dengan mudah bahkan lintas negara.

Mungkin ketika Anda ingin mengirimkan uang ke sesama nasabah di dalam negeri sangatlah mudah karena ada banyak perbankan yang membantu Anda dengan berbagai layanan, mulai dari SMS banking, internet banking, ATM, mobile banking dan lain-lain.

Namun bagaimana jika Anda ingin mengirim uang ke luar negeri karena seperti yang diketahui bahwa saat ini mobilitas yang naik dan transaksi mengenai jasa maupun jasa semakin meningkat dan harus melakukan pengiriman antar negara.

Rata-rata bank lokal hanya menyediakan akses transfer terbatas atau transaksi antar negara saja, kalaupun ada bank lokal yang bisa membantu namun waktu antara pengirimannya cukup lama yaitu hingga 2 hari.

TRENDING:  Cara Aktivasi Kartu Debit BCA untuk Transaksi Online

Seputar Western Union yang Perlu Diketahui

Banyak sekali kendala saat ingin mengirimkan uang lintas negara selain dari biaya, sedangkan untuk biaya kirim uang lewat Western Union ke luar negeri, masih bisa dikatakan terjangkau karena sangat membantu para nasabah.

Western Union sendiri merupakan sebuah layanan yang akan membantu kamu mengirimkan uang ke lintas negara. Ada banyak nilai plus jika Anda menggunakan Western Union bahkan terbilang sangat simple.

Transaksi menggunakan Western Union membuat sang pengirim hanya perlu menunjukkan kartu identitas serta uang yang akan dikirimkan saja. Western Union sendiri sudah tersebar disetiap negara sehingga memudahkan nasabah dalam bertransaksi.

Sebenarnya hampir mirip seperti bank lokal pada umumnya yaitu sebagai penyedia layanan kirim uang, namun ada banyak nila plus yang bisa Anda dapatkan dari Western Union sebagai sarana bertransaksi, antara lain:

  1. Proses lebih cepat di mana uang bisa langsung dikirim dan diambil oleh si penerima dalam hitungan detik saja
  2. Aman dan tentu saja terpercaya
  3. Tidak ada pembatasan minimum untuk jumlah uang yang akan dikirimkan
  4. Tidak perlu membuat sebuah rekening seperti saat Anda bertransaksi di bank
  5. Kantor Western Union sudah bisa ditemukan di berbagai negara jadi proses mengirimkan uang akan lebih cepat dan mudah
TRENDING:  Cara Top Up Grab dan Gojek Driver

Berapa Biaya Kirim Uang Lewat Western Union ke Luar Negeri?

Dalam dunia pengiriman atau transfer uang maka Western Union memang salah satu jasa pengiriman terpopuler dan terpercaya. Bahkan tidak ada pembatasan nominal jadi Anda bebas melakukan transaksi berapa pun jumlahnya.

Untuk biaya kirim Western Union sendiri sangat beragam dimana jika dalam rupiah akan dikenakan tarif 20 ribu saat mengirimkan uang sebesar 475 ribu. Ada daftar tarif yang nantinya bisa Anda dapatkan melalui halaman website resmi Western Union.

Biaya transfer dalam negeri dengan luar negeri cukup berbeda di mana untuk luar negeri ada biaya 112 ribu, untuk transaksi di bawah 750 ribu. Biaya tersebut relatif tidak mengalami perubahan bahkan hingga tahun ini di 2021.

Bagaimana Cara Kirim Uang Melalui Western Union?

Setelah membahas biaya kirim uang lewat Western Union ke luar negeri, ada juga perlu tahu tahapan agar bisa mengirimkan uang dengan mudah karena Western Union membuat Anda tidak perlu menggunakan rekening apapun.

TRENDING:  Cara Bayar Traveloka Via ATM BRI

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah melakukan pendaftaran terlebih dahulu, Anda bisa mencari kantor Western Union terdekat. Kemudian ikuti panduan untuk mengirim uang ke luar negeri berikut:

  1. Nasabah bisa datang langsung ke kantor Western Union
  2. Setelah sampai maka bisa segera meminta sebuah formulir pengiriman kepada customer service
  3. Isi dengan benar formulir tersebut atau menggunakan data data valid
  4. Anda akan diminta untuk menunjukkan bukti KTP atau kartu identitas yang dimiliki untuk verifikasi
  5. Pihak Western Union akan melakukan pengecekan mengenai syarat-syarat serta ketentuan yang dibutuhkan

Jika sudah selesai maka biasanya ada bukti pengiriman apa yang disebut dengan MTCN atau money transfer control number. Bukti pengiriman tersebut berupa detail mengenai proses pengiriman dan untuk melacak status pengiriman secara online.

Jangan lupa memberikan kode MTCN pada orang yang akan menerima uang Anda, pastikan kode tersebut tidak jatuh ke tangan siapapun selain si penerima. Nilai prosesnya adalah biaya kirim uang lewat Western Union ke luar negeri hanya ditanggung pengirim.