Lupa PIN SMS Banking BRI

Lupa PIN SMS Banking BRI

Lupa PIN SMS banking BRI seringkali terjadi pada sebagian nasabah. Hal ini bisa mengakibatkan PIN nasabah terblokir. Selain itu dapat membahayakan akun milik nasabah.

Saat ini untuk melakukan transaksi perbankan seperti transfer, pembayaran, cek saldo, dan lain sebagainya tidak harus pergi ke teller atau gerai ATM.

Anda bisa melakukan transaksi melalui ponsel PINtar milik Anda. Layanan E channel seperti SMS Banking, Mobile dan internet banking semakin memudahkan nasabah dalam melakukan transaksi.

Namun, perlu Anda ketahui, bahwa setiap E channel memiliki kode keamanan berbeda, PIN kartu ATM terdiri atas 6 karakter kombinasi angka yang berguna untuk melakukan transaksi melalui mesin ATM.

PIN Mobile Banking (MPIN) terdiri dari 6 karakter yang berfungsi untuk login via Mobile Banking dan konfirmasi kebenaran transaksi. Terdiri atas kombinasi huruf kapital, huruf kecil, dan angka.

PIN SMS Banking merupakan kombinasi angka yang terdiri dari 6 karakter. Kode ini berfungsi untuk melakukan transaksi via SMS Banking. Kode ini hanya boleh diketahui oleh pemilik  akun.

TRENDING:  Cara Daftar SMS Banking BRI

Sama halnya dengan kode ketika melakukan transaksi di gerai ATM BRI, PIN SMS banking juga bersifat rahasia. Sehingga jika Anda memberitahu orang lain, tidak menutup kemungkinan rekening Anda bisa kebobolan.

Bahaya bocornya kode ini sama dengan kode transaksi ATM. Karena sama-sama memiliki fitur transaksi didalamnya.

Penyebab PIN SMS Banking BRI Terblokir

Penyebab dari terblokirnya PIN ini dapat beragam, salah satunya adalah lupa PIN SMS banking BRI. Meski tidak terlalu membahayakan, namun jika akun ini terblokir Anda harus ke gerai ATM atau bank untuk melakukan transaksi.

Ada beberapa mecam penyebab dari terblokirnya PIN, penyebab pertama adalah salah memasukkan kode selama 3 kali berturut-turut. Ketika Anda memasukkan kode salah selama 3 kali tapi tidak berturut-turut, maka PIN aman.

Namun jika Anda memasukkan kode salah selama 3 kali berturut-turut, ini bisa menyebabkan PIN Anda terblokir. Lupa PIN sms banking BRI juga menyebabkan akun akan terblokir.

Penyebab kedua adalah Anda sengaja memblokir akun tersebut. Nasabah bisa saja memblokir SMS banking yang digunakan, cara melakukannya adalah dengan menelepon BRI Call Center pada nomor 14017 atau 021-57987400.

Penyebab ketiga dari terblokirnya akun ini adalah diblokir secara sepihak oleh bank. Pihak bank bisa memblokir akun Anda, jika ditemukan melakukan transaksi tidak semestinya atau dicurigai adanya disalahgunakan oleh orang lain. Hal ini dilakukan demi keamanan nasabah.

TRENDING:  Cara Bayar Shopee di Indomaret

Untuk itu, keamanan kerahasiaan kode SMS banking juga sama dengan kerahasiaan kode ATM. Sehingga jika Anda lupa PIN sms banking segera lakukan konfirmasi ke pihak bank.

Hal yang sama harus Anda lakukan ketika handphone atau ponsel PINtar Anda di curi/hilang. Sebaiknya segera lakukan konfirmasi ke pihak bank untuk memblokirnya.

Cara Atasi Lupa PIN SMS Banking BRI Terblokir

Ketika nasabah lupa PIN SMS banking bank BRI, ada beberapa cara untuk mengatasinya. Namun cara yang paling efektif untuk mengatasi masalah ini adalah mendatangi kantor unit kerja BRI.

Tidak harus mendatangi kantor unit kerja BRI yang sama ketika Anda membuat kode SMS, Anda bisa mendatangi kantor unit kerja mana saja.

Hal yang harus diperhatikan ketika pergi ke kantor unit kerja BRI adalah membawa persyaratan untuk membuka PIN SMS. Beberapa persyaratan yang harus dibawa adalah kartu identitas, buku tabungan, kartu ATM dan nomor HP.

TRENDING:  Cara Bayar Listrik Via ATM BRI

Untuk kartu identitas bisa berupa KTP, SIM, atau Paspor. Sedangkan untuk nomor HP bisa menggunakan nomor dari operator mana saja, hal terpenting adalah menggunakan nomor Anda sendiri.

Setelah membawa persyaratannya Anda bisa langsung datang ke kantor kerja BRI. Ambil nomor antrean untuk Customer Service (CS). Untuk mengurus kode sms banking yang terblokir tidak terlalu lama.

Cara lainnya adalah tanpa mendatangi kantor unit kerja BRI. Anda bisa menghubungi call center BRI. Berikut cara mengatasi lupa PIN SMS banking BRI melalui call center.

  1. Siapkan pulsa setidaknya Rp. 20.000
  2. Hubungi call center BRI dengan nomor 1500017
  3. Pilih menu layanan PIN atau SMS Banking BRI
  4. Tunggu petugas hingga menjawab panggilan
  5. Sampaikan bahwa Anda akan me-reset PIN SMS Banking
  6. Selanjutnya nasabah akan dimintai data-data penting untuk verifikasi
  7. Jawab semua pertanyaan dan tunggu konfirmasi

Meski bisa diatasi melalui call center, namun Anda juga pada akhirnya harus datang ke kantor bank BRI untuk mengaktivasi akun secara keseluruhan. Datang langsung ke kantor BRI adalah cara atasi lupa PIN SMS Banking BRI paling efektif.