kuota gratis kemendikbud

Cara Cek Kuota Gratis Berbagai Operator

Berdasarkan Peraturan Sekretaris Jenderal Nomor 14 Tahun 2021, kriteria penerima bantuan kuota internet adalah peserta didik dan tenaga pengajar pada jenjang pendidikan anak usia dini (PAUD), jenjang pendidikan dasar, menengah, dan perguruan tinggi.

Beberapa penerima kuota internet gratis akan mendapat notifikasi SMS yang merincikan besaran kuota yang didapatkan. Bagi yang tidak menerima notifikasi, cara cek subsidi kuota internet Kemendikbud 2021 bisa dilakukan melalui aplikasi, dial USSD, dan SMS sesuai operator selular yang digunakan.

TRENDING:  Ini Syarat Penerima Kuota Internet Gratis Kemendikbud

Seperti yang sudah disampaikan oleh Mendikbudristek, Nadiem Makarim, bahwa bantuan kuota ini diluncurkan pada 11-15 September, 11-11 Oktober dan 11-15 November 2021. Bantuan kuota data tersebut berlaku 30 hari sejak diterima.

Berikut ini penjelasan mengenai cara mendapatkan kuota gratis dari Kemendikbud Ristek, besaran, syarat, hingga akses yang bisa dilakukan yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (15/9/2021).

Cara Cek Kuota Gratis dari Kemendikbud Berbagai Operator

Setelah memahami cara mendapatkan kuota gratis dari Kemendikbud Ristek beserta syaratnya, mengetahui cara cek kuota gratis yang telah diterima juga penting. Untuk mengecek apakah pembagian kuota sudah diterima, berikut cara untuk mengetahui pencairan kuota pelajar di operator Indosat, Telkomsel, XL, Tri, dan Smartfren adalah:

TRENDING:  Ini Besaran Kuota Gratis Kemendikbud dan Jadwal Penyalurannya

1. Cara Cek Kuota Pelajar di Indosat Ooredo

Ketik USSD *123*075#, lalu pilih “Status & Cek Kuota”. Informasi akan dikirim via SMS. Ada pula cara lain, yakni lewat mengunduh aplikasi myIM3, dan masuk ke menu ‘data.’

2. Cara Cek Kuota Pelajar XL Axiata

Untuk mengecek kuota internet gratis Kemendikbud pada provider XL, ketik USSD *123*7*1#, lalu pilih ‘Cek Kuota’ atau dengan membuka aplikasi AxisNet.

3. Cara Cek Kuota Pelajar Tri/3

Pengecekan bagi pengguna 3 dapat dilakukan melalui USSD *123*1083#, lalu pilih menu informasi kuota. Operator secara otomatis akan mengirim informasi data internet lewat SMS. Pengecekan juga bisa dilakukan lewat aplikasi Bima+, informasi kuota akan muncul di halaman utama saat membuka aplikasi.

TRENDING:  Daftar Aplikasi yang Diblokir Kuota Gratis dari Kemendikbud

4. Cara Cek Kuota Pelajar Telkomsel

Bagi pengguna Telkomsel, ketik USSD *888# lalu pilih cek pulsa dan kuota, kemudian pilih cek kuota. Informasi sisa kuota akan muncul di tampilan layar pengguna. Aplikasi myTelkomsel juga bisa digunakan untuk mengecek besar kuota Kemendikbud yang diterima.

5. Cara Cek Kuota Pelajar Smartfren

Pengguna Smartfren dapat mengeceknya melalui USSD *995#, lalu informasi akan dikirim via SMS secara otomatis. Jika mengecek lewat aplikasi MySmartfren, buka tampilan menu ‘Paket Saya’.