Syarat dan Cara Membuat Tabungan Bank Muamalat

Syarat dan Cara Membuat Tabungan Muamalat

Membuat Tabungan Muamalat – Bank Muamalat adalah perbankan yang berbasis syariah dan untuk menjadi nasabahnya adalah dengan membuka rekening bank tersebut serta mengikuti ketentuannya. Dengan melakukannya, maka Anda memiliki hak mendapatkan beberapa layanan.

Sampai sekarang banyak dari masyarakat percaya dan yakin untuk menyimpan uang tabungannya di bank tersebut karena keamanannya terjamin dengan baik. Bahkan untuk melakukan transaksi apapun selalu lancar tanpa ada masalah sama sekali.

Ketika Anda bergabung menjadi nasabah di dalam bank syariah tersebut, maka tidak ada lagi permintaan bunga, melainkan adanya kesepakatan terkait pembayaran setiap bulan. Sedangkan pembayaran tersebut disesuaikan pendapatan bank nantinya.

Hal ini tentu membuat seseorang lebih terhindar dari perbuatan riba yang sangat dilarang. Kebanyakan masyarakat khususnya dari umat muslim sangat menghindari perbuatan tersebut, sehingga bergabung menjadi nasabah Muamalat adalah solusi.

Terdapat beberapa jenis tabungan yang bisa Anda pilih sendiri nantinya, sedangkan setiap jenis tabungan memiliki fungsi dan kelebihannya masing-masing. Beberapa jenis tabungan tersebut seperti iB Hijrah Prima, iB Rencana, TabunganKU, dan lain-lain.

TRENDING:  Syarat Buka Rekening CIMB Niaga

Beberapa Jenis Tabungan, Syarat dan Cara Buka Rekening Muamalat

Beberapa jenis tabungan tentunya memiliki keuntungannya masing-masing dan biasanya seseorang memilihnya sesuai kebutuhannya untuk masa mendatang. Pastinya seseorang akhirnya dapat terpenuhi apa yang mereka harapkan nantinya.

  1. Muamalat TabunganKu Demi Menumbuhkan Budaya Menabung

Adanya jenis tabungan ini membuat seseorang memiliki kebiasaan menabung nantinya, sedangkan tabungan tersebut mampu mengarah kepada seluruh masyarakat Indonesia, di mana sebelumnya belum memiliki rekeningnya sama sekali.

TabunganKu ini juga bisa didapatkan di jenis bank-bank lain, namun kelebihan buka rekening Muamalat adalah tidak tarikan uang administrasi setiap bulannya. Sedangkan setiap setoran pada pertamanya sangatlah ringan.

Syarat dan Cara Buka Rekeningnya yaitu, nasabah adalah perlu mengisi formulir pendaftaran terlebih dahulu. Pastikan formulir tersebut harus diisi secara lengkap sesuai data diri Anda sebenarnya.

Beberapa lampiran yang perlu diberikan kepada pihak bank adalah fotocopy KTP/SIM/Passpor, kartu keluarga, akta kelahiran, fotocopy NPWP. Sedangkan pembayaran untuk membuatan rekeningnya berjumlah 20.000 rupiah saja.

  1. Tabungan iB Hijrah Haji untuk Setoran Biaya Haji
TRENDING:  Cara Menabung di Bank untuk Pelajar

Sampai sekarang kementerian Agama menjadi bank ini sebagai BPS BPIH yaitu salah satu bank yang bekerja sama sebagai tempat pembayaran setoran ibadah haji. Hal ini membuat masyarakat bisa menyicil apabila kemudian hari ingin berangkat haji.

Syarat-syaratnya sama seperti sebelumnya, hanya saja dalam pembuatan buka rekening Muamalat Anda perlu membayarkan setoran dengan jumlah 50.000 rupiah, nantinya uang tersebut menjadi saldo minimum di dalam rekening Muamalat.

Dari pihak bank akan memberikan ketentuan kepada nasabah, di mana diberikan pilihan untuk menyetor sesuai paket yang tersedia. Pastikan nasabah juga harus mengaktifkan SISKOHAT DEPAG agar mengetahui jadwal kapan keberangkatannya.

  1. Mualamat iB Hijrah Prima yang Multifungsi

Jenis tabungan ini memiliki multifungsi, di mana nasabah bukan hanya bisa menabung saja, melainkan juga dapat melakukan transaksi belanja, sedangkan hal tersebut berlaku juga ketika sedang keluarga negeri.

Beberapa fasilitas setelah membuat tabungan Muamalat ini adalah buku tabungan, internet/sms banking, kartu ATM. Sementara ketika nasabah ingin membayar zakat atau infak dapat dilakukan setelah membuka buka tabungan tersebut.

TRENDING:  Cara Transfer Uang Lewat ATM BRI ke BCA

Untuk biaya setoran awalnya adalah 100.000 rupiah, biaya layanan sejumlah 11.000 rupiah di rekening aktif, sebaliknya pada rekening pasif dikenakan tarif 15.000. Ketika ingin transfer jumlah maksimalnya sejumlah 25.000.000 rupiah.

  1. Muamalat iB Rencana

Jenis tabungan ini memiliki fungsi untuk digunakan nasabah ketika dirinya sedangkan berencana atau memiliki tujuan pada masa mendatang. Seringkali hal ini digunakan sebagai biaya pendidikan anak atau mencicil uang pembuatan tempat tinggal baru.

Sesuai ketentuannya usia minimal calon nasabahnya adalah 17 tahun, sedangkan tertua adalah 60 tahun. Usia paling maksimal untuk jatuh temponya yaitu 65 tahun. Jadi, bisa dibilang waktunya cukup lama.

Sebelumnya membuat tabungan, sebaiknya nasabah sudah membuat rekening iB Muamalatnya terlebih dahulu, sedangkan tidak dikenakan biaya administrasi kembali. Untuk setor minimalnya berjumlah 100.000 rupiah dan akan dijadikan autodebit perbulannya.

Fasilitas tambahan setelah daftar rekening Muamalat jenis ini, para nasabah diberikan jaminan asuransi dari Asuransi Tafakul Keluarga, tentunya setelah membuat tabungan Muamalat, rencana Anda akan terwujud secara perlahan.