Perbedaan Trading Saham dan Investasi Saham, Jangan Salah

Perbedaan Trading Saham dan Investasi Saham, Jangan Salah

Masih belum banyak orang yang memahami perbedaan trading saham dan investasi saham sehingga menjadi takut untuk terjun ke dalamnya. Secara umum keduanya merupakan metode keuangan yang berguna untuk menambah kekayaan.

Perbedaan paling mencolok dari keduanya ialah pada jangka waktu. Karena waktu berbeda, prinsip dan strategi menjadi berbeda juga. Anda dapat menyimak detail keduanya dalam ulasan berikut.

Perbedaan Trading Saham dan Investasi Saham dalam Hal Investasi

Investasi dan trading merupakan metode keuangan untuk menambah kekayaan dalam jangka waktu tertentu melalui pembelian portofolio atau aset. Meski tujuannya sama untuk menambah kekayaan, namun sistem kerjanya berbeda.

Inti dari perbedaan keduanya adalah jangka waktu. Pada investasi menggunakan jangka panjang sementara trading memakai jangka pendek. Sehingga membutuhkan strategi dan prinsip berbeda.

Investasi diartikan sebagai tindakan akumulasi suatu bentuk aset melalui harapan akan keuntungan di masa mendatang. Investasi ini dilakukan dengan membeli saham kemudian menyimpannya. Saham akan dijual pada masa mendatang.

Investor tidak terlalu memperhatikan fluktuasi naik dan turunnya harga di pasaran. Karena mereka mempunyai harapan harga akan naik di masa mendatang. Investor ini terbagi ke dalam investor institusi seperti perbankan, perusahaan asuransi dan lainnya.

Serta investor retail seperti perorangan. Salah satu tokoh yang terkenal dalam bidang ini adalah Warren Buffet. Warren Buffet merupakan orang yang tergolong paling kaya di dunia karena aktivitas keuangan tersebut.

Strategi yang diterapkan oleh seorang investor ialah dengan memperhatikan faktor-faktor pemberi pengaruh harga saham. Karena mereka akan menyimpan instrumen tersebut dalam waktu lama. Jadi tidak perlu memperhatikan fluktuasi harga.

Umumnya, instrumen yang dibeli adalah saham emiten sehat dengan kualitas kerja baik dan fundamental kuat. Fokus pembelian berada pada kesehatan perusahaan. Perusahaan yang sehat berpotensi memberikan keuntungan besar di masa mendatang.

Instrumen yang dapat dipilih dalam jangka panjang tidak hanya berupa saham. Namun dapat berupa properti dan industri. Jadi terdapat pilihan lain bila tidak ingin investasi jangka panjang.

Dalam saham, investor tidak hanya memperoleh pertambahan nilai aset. Akan tetapi juga keuntungan lain melalui pembagian dividen yang diberikan oleh perusahaan terkait secara berkala.

Perbedaan Trading Saham dan Investasi Saham dalam Hal Trading

Trader adalah orang yang menggunakan perubahan harga sebagai jalan untuk memperoleh keuntungan. Trading ini juga dapat disebut dengan perdagangan. Karena trader akan membeli saham ketika harga rendah dan menjualnya ketika harga naik.

Untuk rentang investasi biasanya lebih dari satu tahun. Sementara trading memakai jangka waktu 15 menit, 30 menit sampai satu minggu. Jauh lebih pendek daripada investasi.

Trading dapat dilakukan pada pasar saham dan obligasi. Jumlah transaksi trader jauh lebih banyak daripada investor. Salah satu tokoh yang terkenal dalam bidang ini adalah George Soros.

Strategi yang diterapkan trader adalah fokus pada sentimen dan kondisi pasar, bukan pada performa emiten. Hal ini berbanding terbalik dengan strategi yang diterapkan oleh investor.

Apabila pasar sedang mengalami penurunan karena situasi politik atau ekonomi, trader akan menghindari trading. Mereka menunggu kondisi pasar membaik. Strategi yang bisa dipilih adalah stop loss, target profit dan risk-reward ratio.

Untuk prinsip yang dipegang trader adalah buy and sell. Berbeda dengan investor yang memakai prinsip buy and hold. Trader akan menggunakan fluktuasi harga sebagai senjata untuk mengambil keuntungan dari selisih harga jual beli.

Umumnya akan memakai analisis teknikal dalam memantau pergerakan harga. Apabila terdapat potensi harga suatu saham naik, maka akan membelinya dalam waktu singkat. Kemudian menjualnya setelah harga naik.

Setiap bentuk investasi mempunyai keuntungan dan risiko masing-masing. Selain itu, jangka waktu, strategi dan prinsip yang dipakai juga berbeda. Anda perlu memahami perbedaan trading saham dan investasi saham sebelum terjun ke pasar.