Menurut tahap-tahapan pertumbuhan-pertumbuhan ekonomi rostow, di tahap yang manakah pertumbuhan ekonomi indonesia pada saat ini? apa alasan atau indikatornya?

Menurut tahap-tahapan pertumbuhan-pertumbuhan ekonomi rostow, di tahap yang manakah pertumbuhan ekonomi Indonesia pada saat ini? apa alasan atau indikatornya?

Jawaban
Taham menuju kematangan

Pembahasan
Pertumbuhan ekonomi merupakan kondisi produksi barang dan jasa di suatu wilayah dalam kurun waktu tertentu. Pertumbuhan perekonomian menjadi tolak ukur kesejahteraan masyarakat di suatu wilayah karena pertumbuhan ekonomi mengindikasikan produktifitas suatu wilayah untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka. Menurut Walt Whitman Rostow pertumbuhan ekonomi suatu negara akan mengalami tahapan-tahapan berikut:
1. Tradisional, ekonomi didominasi sektor pertanian
2. Transisi (pre take-off), terjadi perubahan struktur tenaga kerja dari pertanian ke industri
3. Lepas Landas (take-off), ketika hambatan dalam struktur sosial dan politik dapat diatasi
4. Menuju Kematangan (drive to maturity), serikat buruh dan dagang semakin maju
5. Konsumsi Tinggi (high mass consumption), tenaga kerja didominasi tenaga kerja terdidik dan penduduk di kota lebih besar dari desa.

TRENDING:  Menurut Schumpeter, faktor utama dalam perkembangan ekonomi adalah proses inovasi. Apa yang dimaksud dengan inovasi dan apa pengaruhnya terhadap pembangunan?

Berdasarkan penjelasan diatas kondisi Indonesia saat ini pada tahap ke 4 yakni tahap menuju kematangan. Hal ini ditunjukkan dengan serikat buruh dan dagang yang semakin banyak diseluruh daerah dan semakin aktif dalam menjalankan peran mereka.

Jadi, posisi Indonesia menurut teori Rostow berada di posisi menuju kematangan.