Menurut Schumpeter, faktor utama dalam perkembangan ekonomi adalah proses inovasi. Apa yang dimaksud dengan inovasi dan apa pengaruhnya terhadap pembangunan?

Menurut Schumpeter, faktor utama dalam perkembangan ekonomi adalah proses inovasi. Apa yang dimaksud dengan inovasi dan apa pengaruhnya terhadap pembangunan?

Jawaban yang tepat adalah Inovasi merupakan pembaruan terhadap sesuatu yang sudah ada. Kemajuan pembangunan ekonomi suatu masyarakat bisa dicapai dengan adanya inovasi oleh para entrepreneur atau pengusaha.

Pembahasan
Menurut Schumpeter, kunci pertumbuhan ekonomi adalah adanya pengusaha yang inovatif yang berinovasi tidak hanya dari bidang teknologi, tetapi adanya penemuan baru, pembukuan pasar baru dan lain sebagainya.

Inovasi merupakan bentuk perwujudan sesuatu yang baru atau membuat pembaruan terhadap sesuatu yang sudah ada. Inovasi dapat diartikan juga sebagai bentuk kreativitas yang bukan hanya sekedar membuat sebuah ide yang baru dan berguna, tetapi dapat diimplementasikan dan dikomersilkan serta mempunyai dampak yang besar salah satunya terhadap pembangunan.

TRENDING:  IMF hanya meminjamkan dana bagi negara yang mengalami krisis neraca pembayaran, indonesia pernah menerima bantuan dari IMF ketika nengalami krisis ekonomi pada 1997-1998. pada saat itu neraca pembayaran indonesia mengalami defisit. meskipun dapat memperbaiki perekonomian akibat krisis, pinjaman dari IMF dapat menimbulkan dampak negarif bagi perekonomian indonesia

Kemajuan ekonomi suatu masyarakat hanya bisa diterapkan dengan adanya inovasi oleh para entrepreneur atau pengusaha. Entrepreneur yang memiliki inovasi-inovasi akan membuat produknya berbeda dengan yang lain dan diminati oleh konsumen sehingga meningkatkan pendapatan, inovasi cenderung berhubungan dengan kemajuan keahlian dari entrepreneur tersebut bagaimana pembangunan ekonomi tidak hanya memandang kenaikan pendapatan nasional saja namun juga peningkatan kualitas sumber daya manusia.

Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah Inovasi merupakan pembaruan terhadap sesuatu yang sudah ada. Kemajuan pembangunan ekonomi suatu masyarakat bisa dicapai dengan adanya inovasi oleh para entrepreneur atau pengusaha.