8 Daftar Orang Terkaya di Indonesia, Raffi Ahmad Lewat

8 Daftar Orang Terkaya di Indonesia, Raffi Ahmad Lewat

Penasaran siapa saja daftar orang terkaya di Indonesia? Nama Raffi Ahmad dan Nagita Slavina kerap disebut sebagai Sultan Andara. Namun, apakah nama selebriti terkenal tersebut masuk ke dalam jajaran 10 nama orang paling kaya di Indonesia?

Anda bisa menemukan jawabannya di sini. Ternyata, selain Raffi Ahmad, masih banyak sekali sederetan nama dengan jumlah harta fantastis yang bisa membuat siapa saja menggigit jari. Beberapa nama akan kami sebutkan untuk menginspirasi semua pembaca.

8 Orang Terkaya di Indonesia Versi Majalah Forbes

Kali ini kami akan menyebutkan sepuluh nama konglomerat tanah air versi Forbes pada bulan Mei 2022. Kekayaan diambil dari harta pribadi maupun perusahaan publik. Untuk Anda yang berharap ada nama Raffi Ahmad, simak dulu siapa saja urutan konglomeratnya.

  1. Grup Djarum oleh R. Budi Hartono dan William Hartono

Peringkat pertama dari daftar orang terkaya di Indonesia versi majalah Forbes adalah R. Budi Hartono dan William Hartono dari Grup Djarum. Perusahaan rokok yang sudah malang melintang di Indonesia ini memang sudah tidak perlu diragukan lagi nilai kekayaannya.

Jumlah kekayaan Hartono bersaudara ini jika dirupiahkan mencapai Rp313,9 triliun dan Rp302 triliun. Hartono bersaudara berhasil menempati posisi orang paling kaya pertama di Indonesia, namun untuk peringkat dunia keduanya menempati posisi 64 dan 69.

Selama ini yang kita ketahui sumber kekayaan keduanya dari bisnis rokok. Ternyata Hartono bersaudara juga memiliki sumber kekayaan lain, seperti perbankan, menara telekomunikasi, marketplace, elektronik, properti, agribisnis, media, dan makanan serta minuman.

  1. CT Corp oleh Chairul Tanjung

Nama Chairul Tanjung sebagai salah satu orang terkaya di Indonesia sudah tidak perlu diragukan lagi. Namanya sudah malang melintang sebagai konglomerat karena kepemilikan stasiun televisi dan popularitasnya semakin terdepan berkat publikasi Putri Tanjung.

Tidak main-main, total kekayaan dari konglomerat kedua versi Forbes ini ditaksir senilai Rp110 triliun pada Mei 2022 kemarin. Menjadi konglomerat nomor dua tanah air, Chairul Tanjung menempati posisi sebagai konglomerat kaya raya nomor 263 di dunia.

Nama Chairul Tanjung semakin populer setelah menerbitkan buku berjudul Anak Singkong ke pasaran. Dalam buku tersebut dituliskan perjuangan beliau menjadi konglomerat seperti sekarang, dimana isinya berupa motivasi untuk masyarakat kalangan menengah ke bawah.

  1. Indorama Corporation oleh Sri Prakash Lohia

Lanjut ke urutan ketiga orang terkaya di Indonesia, ditempati oleh Sri Prakash Lohia dari Indorama Corporation. Versi majalah Forbes, Sri Prakash Lohia disebut memiliki total kekayaan senilai Rp96,8 triliun atau setara 6,6 miliar dolar Amerika Serikat.

Dengan total kekayaan tersebut, Sri Prakash berhasil menaikkan peringkat kekayaannya dari nomor 404 menjadi peringkat 403 pada 2022 ini. Indorama Corporation adalah perusahaan yang berjalan di bidang petrokimia dan tekstil.

Pada tahun 2013, Sri Prakash yang asli orang India namun tumbuh besar di Indonesia sudah menempati posisi konglomerat tanah air nomor 6. Seiring berjalannya tahun, beliau berhasil menggeser nama-nama konglomerat lain dan naik ke posisi ketiga.

  1. Grup Barito oleh Prajogo Pangestu

Urutan keempat orang terkaya di Indonesia ada Prajogo Pangestu dengan total kekayaan senilai Rp79,2 triliun atau setara dengan 5,4 miliar dolar AS. Prajogo pernah menempati posisi nomor 404 sebagai konglomerat sedunia, namun turun pada tahun 2022.

Diketahui versi majalah Forbes, penurunan peringkat kekayaan Prajogo dari 404 menjadi peringkat nomor 471. Peringkat sedunianya boleh turun, namun melihat dari sumber kekayaan Prajogo, sepertinya nama beliau akan bertahan sebagai konglomerat tanah air.

Barito Grup adalah perusahaan yang bergerak di bidang panas bumi dan petrokimia. Banyak yang membutuhkan sumber energi ini, sehingga sampai turunan ke sekian sekalipun kekayaan Prajogo masih akan tetap bisa dinikmati anak cucunya.

  1. Bayan Resources oleh Low Tuck Kwong

Nama berikutnya yang menempati posisi orang terkaya di Indonesia peringkat kelima adalah Low Tuck Kwong. Pemilik Bayan Resources ini diketahui mengantongi kekayaan senilai Rp54 triliun atau setara dengan 4,1 miliar dolar Amerika Serikat.

Di tingkat dunia, kekayaan Low membuatnya menempati peringkat sebagai konglomerat nomor 801. Peringkat tersebut melejit drastis setelah sebelumnya Low menempati posisi sebagai konglomerat nomor 2.524 versi majalah Forbes.

Low Tuck Kwong merupakan pengusaha yang terlahir di Singapura, namun meraih kesuksesan sebagai pengusaha di Indonesia. Sampai saat ini, beliau menguasai sumber daya alam batu bara melalui PT Bayan Resources Tbk.

  1. Triputra Group oleh Theodore Rachmat

Theodore Rachmat masuk sebagai orang terkaya di Indonesia peringkat keenam versi majalah Forbes. Dengan kekayaan sebesar Rp48 triliun, namanya berhasil dinobatkan sebagai konglomerat nomor 913 di jajaran konglomerat kaya raya sedunia.

Peringkat nomor 913 ini merupakan sebuah kenaikan kelas dari sebelumnya beliau menempati posisi 1.833 di dunia. Memiliki nama asli Theodore Permadi Rachmat, beliau terlahir pada 5 Desember tahun 1943 dan lebih dikenal dengan sebutan TP Rachmat.

Setiap konglomerat memiliki kisah hidup menarik untuk dijadikan inspirasi. Setelah Chairul Tanjung menerbitkan buku berjudul Anak Singkong, TP Rachmat juga tidak kalah memiliki perjuangan menginspirasi. Kabarnya, beliau pernah menjadi seorang sales pada masanya.

  1. Avia Avian oleh Wijono dan Hermanto Tanoko

Wijono dan Hermanto Tanoko menempati posisi ketujuh sebagai orang terkaya di Indonesia dengan total kekayaan fantastis. Kekayaan keduanya ditaksir senilai Rp46,9 triliun atau setara dengan 3,2 miliar dolar Amerika Serikat.

Pada tahun 2022 ini, untuk pertama kalinya kedua nama tersebut menempati posisi sebagai konglomerat sedunia dengan posisi 1.012 versi majalah Forbes. Dengan peringkat ribuan diantara konglomerat dunia, keduanya berhasil menempati posisi ketujuh di tanah air.

Jika ada yang mengatakan crazy rich Surabaya adalah Delta Hesti dan Tom Liwafa, sepertinya perlu mengenal dua nama ini terlebih dahulu. Karena ternyata nama crazy rich Surabaya yang selama ini Anda kenal tidak masuk ke dalam jajaran konglomerat se-Indonesia.

  1. Grup Alfamart oleh Djoko Susanto

Masuk ke jajaran nomor delapan versi orang terkaya di Indonesia dikutip dari majalah Forbes. Siapa tidak mengenal Alfamart, di bawah kekuasaan Djoko Susanto, ternyata bisnis minimarket ini berhasil menjadikan pemiliknya sebagai konglomerat terkaya nomor 8.

Kekayaan Djoko Susanto ditaksir senilai Rp41 triliun atau setara dengan 2,8 dolar Amerika Serikat. Kenaikan peringkat kekayaan Djoko Susanto terbilang drastis setelah sebelumnya majalah Forbes menobatkannya sebagai konglomerat nomor 27 se-Indonesia pada 2014.

Kedelapan nama tersebut bisa saja berubah-ubah posisinya seiring berjalannya waktu serta seiring dengan semakin berkembangnya gurita bisnis mereka. Sekarang sudah terjawab bahwa ternyata nama Raffi Ahmad masih belum masuk sebagai konglomerat kelas dunia.

Namun, kekayaannya tidak perlu diragukan lagi. Bagaimana pendapat Anda setelah mengetahui total kekayaan dari masing-masing konglomerat di atas? Ikuti terus peringkat orang terkaya di Indonesia untuk memotivasi diri sendiri agar giat berusaha.